Sukses

Ingin Selamat dari Pandemi Virus Corona? Lakukan 12 Kebiasaan Baik Ini

Ada beberapa kebiasaan yang harus Anda lakukan jika Anda ingin selamat dari pandemi virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Sementara vaksin untuk virus Corona masih diusahakan, penting untuk belajar langkah-langkah pencegahan melindungi diri dari penularan virus tersebut. Tindakan pencegahan ini perlu diterapkan secara berkelanjutan dan kita semua perlu melakukan bagian kita dan bertanggung jawab agar semua orang tetap aman.

Bila Anda ingin selamat dari pandemik virus Corona ini, ada beberapa kebiasaan yang harus mulai Anda terapkan. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan tersebut seperti dilansir dari Times of India.

1. Tak ada lagi jabat tangan dan pelukan

Untuk mencegah penyebarannya, Anda harus menghindari kontak langsung seperti di atas. Anda bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan lainnya, seperti melambaikan tangan, membungkukkan badan, dan lainnya.

Ketika Anda mengubah cara mengucapkan salam, secara tak langsung Anda memotong rantai penyebaran virus Corona.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Menjaga jarak

Dengan kurva kasus positif yang masih tinggi, bukanlah keputusan yang bijak untuk berkumpul bersama. Anda seharusnya menjaga jarak setidaknya satu meter lebih.

Ingat, meski imun tubuh Anda kuat untuk melawan virus Corona, Anda bisa menularkannya ke orang lain yang lebih rentan.

3. Menggunakan masker saat keluar rumah

Ini tak terbantahkan. Anda harus senantiasa memakai masker untuk menghindari menghirup cairan tubuh yang keluar dari orang lain saat mereka batuk, bersin, atau bahkan tertawa.

 

3 dari 6 halaman

4. Menjaga agar tangan tak menyentuh muka

Penting untuk senantiasa awas untuk tidak menyentuh muka dengan tangan. Saat Anda melakukannya, Anda telah mentransfer virus dan bakteri ke muka, mata, hidung, mulut, dan lainnya.

5. Memperhatikan saat batuk dan bersin

Karena Corona adalah penyakit pernapasan, pastikan untuk mulut dengan benar menggunakan tisu atau menutupnya dengan tangan saat bersin atau batuk. Dan penting untuk mencucinya setelah itu atau membuang tisu bekas dengan benar.

6. Membiasakan mencuci tangan dengan benar atau menggunakan cairan pembersih tangan

Virus dan bakteri bisa berada di mana saja di tempat yang Anda sentuh. Karena itu, Anda harus terbiasa mencuci tangan dengan benar sesering mungkin atau minimal menggunakan cairan pembersih tangan.

 

4 dari 6 halaman

7. Tidak meludah di tempat umum

Meludah di tempat umum dapat meningkatkan risiko infeksi Corona dan itu membuat semua orang dalam bahaya. Bahkan di beberapa tempat, meludah di tempat umum adalah pelanggaran yang dapat dihukum.

8. Senantiasa mencuci atau membersihkan lingkungan

Dari tisu hingga desinfektan kimia, Anda dapat menggunakan berbagai pembersih dan desinfektan untuk menjaga kebersihan di dan sekitar rumah Anda. Pastikan Anda mengenakan sarung tangan selama proses pembersihan dan sanitasi.

 

5 dari 6 halaman

9. Menghindari bepergian yang tak perlu

Cobalah untuk tetap di dalam rumah untuk menjaga diri dan keluarga Anda aman dan keluar hanya ketika itu benar-benar diperlukan.

10. Memerangi penyakitnya, bukan pasiennya

Pasien COVID-19 dan keluarganya seringkali menghadapi diskriminasi besar-besaran saat ini, membuat pertempuran mereka semakin sulit. Mari kita mulai dengan menjadi lebih berbelas kasih kepada pasien, sambil tetap sadar akan jarak sosial.

Dari memasak makanan untuk mereka, menawarkan untuk menjalankan tugas mereka bahkan untuk bantuan keuangan, kita semua dapat melakukan bagian kita.

 

6 dari 6 halaman

11. Menghindari tempat-tempat berkumpul

ngat, bepergian ke tempat-tempat ramai yang tidak perlu mengarah pada peningkatan risiko penularan COVID-19. Alih-alih, coba lakukan secara virtual dengan orang yang Anda cintai dan jaga agar mereka tetap aman.

12. Berhati-hati terhadap apa yang Anda unggah di media sosial

Kita hidup dalam situasi yang menakutkan, di mana klaim yang tidak terverifikasi dan salah terkait dengan penyakit ini dapat menyebarkan kepanikan lebih lanjut. Jangan mengedarkan pesan yang tidak diverifikasi melalui alat komunikasi apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.