Sukses

5 Manfaat Konsumsi Seafood Bagi Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

Liputan6.com, Jakarta - Makanan laut atau seafood sering dihindari segelitir individu karena bisa mengganggu kesehatan. Meski begitu, dalam seafood seperti ikan, kepiting dan tiram terdapat kandungan omega-3, vitamin A dan vitamin E.

Penelitian juga menunjukkan diet kaya asam lemak omega-3 dari makanan laut, akan mengurangi kemungkinan risiko masalah penglihatan karena usia tua. Mengonsumsi ikan dan varietas kerang secara teratur juga dapat meningkatkan penglihatan di malam hari dan menjaga mata tetap sehat.

Selain itu, ada manfaat lain mengkonsumsi seafood bagi tubuh. Berikut ulasannya. 

1. Meningkatkan imunitas

 

 

 

Seng adalah nutrisi penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi maksimal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita bisa mengonsumsi makanan laut seperti tiram, kepiting, udang, dan kerang, yang kaya akan seng.

Di sisi lain, makan ikan, dapat memberi tubuh vitamin A, selenium, dan asam lemak omega-3. Semua nutrisi tersebut membantu menjaga tubuh siap melawan patogen asing, sehingga memberikan kekebalan bagi tubuh kita.

2 dari 4 halaman

2. Melindungi jantung

Asam lemak omega-3 baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan makan satu porsi ikan per minggu dapat mengurangi risiko serangan jantung, aritmia, dan stroke.

3. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat

Seafood dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak dan remaja serta meminimalisir atau memperlambat dampak buruk penuaan pada otak. Seafood juga melindungi materi abu-abu dalam otak, yang meningkatkan memori dan mengurangi risiko Alzheimer.

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan suasana hati

Selain membantu perkembangan kemampuan kognitif, pusat emosi otak juga mendapat manfaat dari makanan laut. Studi menemukan mengonsumsi seafood dapat secara positif mempengaruhi depresi dan meningkatkan dampak obat anti-depresi.

5. Menjaga keindahan kulit

Seafood dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan sekaligus melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Penelitian juga menunjukkan konsumsi seafood dapat mengurangi jerawat.

Kondisi kulit sebagian besar dipengaruhi oleh pola makan kita daripada produk perawatan yang kita gunakan. Jadi, mengonsumsi seafood sama halnya dengan melakukan perawatan untuk kulit kita.

4 dari 4 halaman

Makanan Olahan Seafood

Kandungan omega-3, vitamin A dan vitamin E yang terdapat dalam seafood membuat @warunkterror menawarkan produk makanan olahan seafood yang bergizi dan dikemas dengan lebih modern dan higienis.

Soekma marhaendra selaku Ceo & Founder PT. Visi Inovasi Abadi menyampaikan sekarang menyantap hidangan laut juga ada terobosan baru yang lebih praktis dan enak untuk disantap, apalagi saat masa pandemi Corona yang membuat masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah.

@warunkterror menawarkan paket simple seafood series dengan varian udang/kerang kupas, cumi, dan ada juga paket simple lauk series seperti, kepiting dan juga ikan dengan tambahan fried fish tofu, mix vegetable dan olahan saos sambal “terror” cita rasa nusantara.

Jadi, meski di rumah saja, kamu tidak perlu repot dan bisa menyantap olahan seafood yang bergizi ya.