Sukses

Tak Baik Buat Pertemanan, Ini 5 Tanda Kamu Punya Sahabat yang Manipulatif

Liputan6.com, Jakarta Pada titik tertentu dalam hidup kamu, kamu akan menemukan orang-orang yang manipulatif. Mereka suka mendapatkan kesenangan dari orang lain karena dapat mengendalikan emosi orang tersebut. Dalam beberapa kasus, orang tak menyadari bahwa ia telah dimanipulasi oleh orang terdekatnya dengan cara tertentu.

Hal ini bisa terjadi dalam hubungan dengan pasangan ataupun dengan sahabat. Berikut adalah 5 tanda yang harus kamu ketahui kalau sahabatmu seorang yang manipulatif dan tak tulus dalam berteman.

2 dari 7 halaman

1. Ia menetapkan setiap keputusan yang ingin kamu ambil

Ini menjadi salah satu tanda utama bahwa sahabatmu adalah seorang yang manipulatif. Mereka bukan hanya menentukan keputusan yang akan kamu ambil melainkan juga akan memaksamu untuk mematuhi apa pun yang mereka ia katakan.

Dalam kasus seperti ini, ia akan selalu memiliki alasan mengapa keputusan mereka yang terbaik dan kamu harus selalu mendengarkan.

3 dari 7 halaman

2. Ia tak menerima pendapatmu

Jika sahabatmu tak pernah mempertimbangkan pendapatmu atau selalu menolak dan tak setuju dengan pendapatmu, ia termasuk sahabat yang manipulatif. Pasalnya, ia ingin menjadi superior dan penting.

Dalam hal ini, ia akan menunjukkan dirinya sebagai  orang dewasa yang tahu cara menangani sesuatu. Selain itu, terkadang ia juga akan memaksa dan mendesak kamu untuk cepat dalam membuat keputusan. Alasannya, ia ingin segera mendominasi dan mengendalikan keputusan yang akan kamu ambil.

4 dari 7 halaman

3. Ia pura-pura peduli

Tidak semua teman benar-benar peduli dengan dirimu. Ada beberapa teman yang memang memalsukan kekhawatiran mereka hanya untuk memanipulasi dirimu. Biasanya, mereka melakukan hal ini agar ia dianggap sebagai orang yang paling peduli dan dapat dipercaya. Sementara kamu akan merasa senang karena ada memedulikanmu.

5 dari 7 halaman

4. Ia membuatmu merasa bersalah

Jika di antara kalian ia berbuat kesalahan, ia akan mencoba membuat dirimu merasa bersalah. Seseorang yang manipulatif akan selalu menjadi superior dan kuat. Ia akan selalu menyerahkan kesalahan pada dirimu.

Jika kamu tak bersalah, ia akan menandaimu sebagai orang yang melakukan kesalahan dan harus bertanggung jawab. Orang seperti ini berbakat dalam mengalihkan kesalahan pada dirimu dan pandai membuktikan diri bahwa i atak bersalah.

6 dari 7 halaman

5. Ia mencuci otakmu

Tanda lainnya bahwa kamu dimanipulatif dalam sebuah persahabatan adalah ia sering mencuci otakmu. Dia akan membuatmu ragu dengan kemampuan yang kamu miliki.

Dalam hal ini, ia akan menjatuhkan dirimu dengan mengatakan bahwa kamu melakukan kesalahan dan hidupmu. Selain itu, ia juga akan terus menunjukkan kelemahan yang kamu miliki dan meyakinkanmu bahwa kamu memang membutuhkan bimbingan dan dukungan dari seseorang untuk menjalani hidup, yaitu dirinya.

Penulis: 

Ulya Kaltsum

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Evakuasi Harimau Sumatera yang Terjerat Selama 3 Hari
Loading