Sukses

Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Menstruasi Bantu Tubuhmu Tetap Fit

Liputan6.com, Jakarta - Selama menstruasi, kebutuhan nutrisi wanita lebih tinggi ketimbang biasanya. Hal ini dikarenakan, wanita kehilangan mineral dan vitamin esensial setelah pendarahan menstruasi.

Amat penting untuk memilih diet seimbang selama periode menstruasi. Sebab, produk makanan tertentu dapat membantu Anda mempertahankan kondisi tubuh agar tetap fit.

Berikut ini jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi selama menstruasi seperti dihimpun dari Brightside.me.

1. Brokoli

Zat besi adalah mineral yang paling banyak hilang dari tubuh Anda saat pendarahan menstruasi. Brokoli akan membantu Anda mengganti mineral yang hilang tersebut.

Selain zat besi, brokoli juga kaya akan serat, magnesium, dan kalium yang akan membantu mengurangi kembung, melancarkan pencernaan, dan mengendurkan otot jika Anda kram.

 

2 dari 6 halaman

2. Pisang

Pisang mungkin menjadi pilihan terbaik Anda untuk ngemil selama haid. Buah ini penuh dengan kalium, magnesium, dan serat. Mereka akan membantu Anda mengelola buang air besar yang tak teratur, diare, dan mengidam untuk camilan tambahan.

 

3 dari 6 halaman

3. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung banyak mineral sehat seperti zat besi, magnesium, antioksidan, dan flavanol. Flavanol dapat melancarkan aliran darah dengan mengendurkan pembuluh darah. Selain itu, dark chocolate juga baik untuk meningkatkan suasana hati.

 

4 dari 6 halaman

4. Salmon

Salmon harus dimasukkan dalam diet apapun yang dianggap karena mengandung asam lemak omega-3 yang sehat dan kaya akan protein. Makan salmon selama haid bermanfaat untuk mengurangi peradangan, meredakan kram, dan mengatur siklus menstruasi.

 

5 dari 6 halaman

5. Jahe

Jahe baik untuk mengendalikan peradangan. Selain itu, jahe juga dapat membantu Anda mengurangi nyeri haid. Tambahkan jahe segar ke teh jika merasa perut tidak nyaman saat haid.

 

6 dari 6 halaman

6. Jeruk dan lemon

Makan lebih banyak buah-buahan baik untuk meningkatkan asupan vitamin dan mengurangi ngidam gula sealam menstruasi. Contohnya buah jeruk.

Selain vitamin, jeruk atau lemon juga mengadung banyak serat dan air. Ini akan menjaga tubuh And tetap terhidrasi dan pencernaan Anda berada pada jalurnya. Selain itu, buah jeruk juga baik untuk mengurangi mual dan kondisi dak menyenangkan lainnya yang berhubungan dengan menstruasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Kondisi Neonatal Uterine Bleeding, Menstruasi pada Bayi Baru Lahir
Artikel Selanjutnya
Haid Lebih Ramah Lingkungan dengan Menstrual Cup