Sukses

Sambut Tahun 2020, Garin Nugroho Persembahkan Planet-Sebuah Lament

Mengusung perpaduan budaya Indonesia Timur, Garin Nugroho mempersembahkan Planet Sebuah Lament.

Liputan6.com, Jakarta - Garin Nugroho kembali menggelar pertunjukkan atas hasil karyanya. Setelah sukses mementaskan karya Setan Jawa di berbagai ajang seni bergengsi dunia, kali ini ia mempersembahkan "Planet- Sebuah Lament."

Planet- Sebuah Lament buah cerita yang mengisahkan tentang ratapan (lament) dalam nyanyian mencari sebuah planet saat peradaban hanya menyisakan seorang manusia yang mencari harapan.

“Pertunjukkan ini mengisahkan ratapan alam karena keserakahan  manusia yang menghancurkan alam, era ketika bumi dipenhi benda-benda perusak lingkungan dan menjadi mmonster yang tidak pernah mati,” ujar Garin, saat ditemui Liputan6.com di Studio Salihara, Jakarta, Senin (17/12/19).

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkat Tema Environtment

Memilih wilayah Melanisia dalam karya terbarunya ini, ia mengatakan karena wilayah tersebut masih langka untuk diceritakan.

“Karena wilayah Melanisia masih langka untuk diceritakan di dunia dan di negeri kita. Selain itu, wilayah Milanesia juga memiliki kesenian dan budaya yang luar biasa,” lanjut Garin.

Selain itu, dalam pertunjukkannya kali ini ia mengangkat tema environtment. Hal ini karena isu bencana, pangan dan energi menjadi isu yang luar biasa di era 2020.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

“Melihat dalam periode 10 tahun ini, bencana alam sangat luar biasa. Tidak hanya di negeri kita, tetapi di seluruh dunia. Kemudian juga, isu tentang pangan dan energi yang isu yang luar biasa di era 2020 dan menjadi representasi karya ini,” tutuo Garin.

Pertunjukan Planet- Sebuah Lament akan berlangsung di Teater Jakarta, 17-18 Januari 2020. Harga tiket terbagi menjadi empat tingkat, di antaranya bronze Rp 250 ribu, silver Rp 450 ribu, gold Rp 700 ribu, dan platinum Rp 1 juta. 

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.