Sukses

Jangan Diremehkan, 7 Manfaat Menakjubkan Pelukan untuk Kesehatanmu

Ternyata pelukan juga memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan kesehatan fisik dan psikologis seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelukan tampaknya menjadi cara universal untuk menunjukkan kegembiraan, cinta, kebahagiaan, bahkan kesedihan seseorang.

Pelukan memang akan membawa perasaan hangat ketika memegang seseorang dalam pelukan kita. Ternyata pelukan juga memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan kesehatan fisik dan psikologis seseorang.

Seorang terapis di Amerika, Virginia Satir mengklaim bahwa kita membutuhkan 4 pelukan sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan sehari untuk pemeliharaan dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan. Berikut beberapa manfaat pelukan, seperti melansir Bright Side, Jumat (8/11/2019).

1. Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Baik

Pelukan dikenal sebagai obat yang baik untuk melawan stres. Namun, itu bukan satu-satunya manfaat fisik yang didapat dari pelukan.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Carnegie Mellon dan Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh menunjukkan bahwa mendukung orang lain dengan pelukan mengurangi peluang seseorang sakit.

Percobaan itu dilakukan pada 404 orang dewasa yang tengah mengalami flu biasa. Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok orang dewasa pertama diberi dukungan dan pelukan yang lebih besar sementara sisanya dibiarkan tanpa pelukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelukan memiliki efek pelemahan pada mereka yang terpapar pelukan biasa. Selain itu, mereka yang masih sakit memiliki tanda-tanda sembuh.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Sistem Saraf

Memeluk akan merangsang sistem saraf dengan mengurangi perasaan kesepian, melawan ketakutan batin, dan membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, mendukung orang lain melalui sentuhan membantu mereka merasakan penghargaan dan dukunganmu, sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh keseluruhan seseorang secara positif.

3 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Tekanan Darah

Studi lainnya yang dilakukan University of North Carolina telah membuktikan bahwa pelukan itu baik untuk kesehatan jantung seseorang.

Dalam penelitian tersebut, ada sekitar 200 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok. Sebelum stres, kelompok pertama menonton video romantis selama 10 menit dan saling berpegangan tangan dan saling memberikan pelukan 20 detik sesudahnya.

Lalu kelompok kedua tidak memiliki kontak yang menyentuh, tapi beristirahat selama 10 menit dan kemudian 20 detik sebelum terkena stres.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pertama memiliki tekanan darah rendah serta detak jantung yang lebih stabil, yang berarti orang mendapat pelukan dan dukungan reguler lebih tahan terhadap stres, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

4 dari 7 halaman

4. Merasa Lebih Bahagia

Oksitosin adalah hormon yang sangat bertanggung jawab untuk membuatmu merasa bahagia dan terhubung dengan orang lain. Seringkali, ini disebut "hormon pelukan" karena levelnya meningkat ketika kita berpelukan dan menyentuh orang lain.

Hormon ini memiliki efek kuat pada wanita, terutama mereka yang mendapatkan pelukan secara teratur.

5 dari 7 halaman

5. Mengurangi Rasa Sakit

Sebuah studi yang dilakukan New York University menunjukkan bahwa beberapa bentuk sentuhan bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Dalam percobaan, apa yang disebut "sentuhan terapi" membantu orang dengan sindrom fibromyalgia untuk merasakan lebih sedikit rasa sakit.

Para peserta juga mengklaim bahwa kualitas hidup mereka telah meningkat dalam 6 sesi perawatan menyentuh. Karena berpelukan adalah salah satu bentuk sentuhan, itu juga bisa mengurangi rasa sakit.

6 dari 7 halaman

6. Meredakan Perasaan Lelah

Dalam sebuah studi yang disebut "Meanings of Hugging: From Greeting Behavior to Touching Implications (Makna Memeluk: Dari Perilaku Menyapa hingga Implikasi Menyentuh)" Lena Forsell dan Jan Astrom mengidentifikasi beberapa manfaat besar yang diberikan pelukan singkat 10 detik.

Di antara banyak manfaat lainnya, mereka menggarisbawahi bahwa pelukan membantu melawan perasaan kelelahan serta berkontribusi terhadap kesejahteraan psikologis seseorang.

7 dari 7 halaman

7. Mengurangi Kecemasan

Berkat oksitosin, pelukan membantu melawan perasaan cemas sosial. Cobalah memeluk seseorang yang kamu kenal ketika kamu berada di pesta, dan kamu akan merasa percaya diri, santai dan mudah bergaul.

Itu semua karena oksitosin menginspirasi kita untuk berpikir positif dan memiliki pandangan dunia yang lebih positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.