Sukses

5 Inisiatif Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi di Sulawesi Selatan

Di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia telah mendorong masyarakat Indonesia untuk menciptakan peluang lewat berbisnis dengan memanfaatkan teknologi. Inisiatif-inisiatif lokal dilakukan untuk pemerataan ekonomi di berbagai daerah, salah satunya di Makassar.

Mengingat potensinya yang sangat besar, tak heran kota ini menjadi salah satu yang diprioritaskan. Di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, serta berbagai kegiatan edukasi pemanfaat teknologi dalam menciptakan peluang berbisnis.

"Kita menyadari pentingnya edukasi untuk bertemu langsung dengan pembeli. Jadi biar penjual juga bisa melihat secara langsung seperti apa cakupan pembeli mereka," ujar External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya di Makassar, Kamis (07/11/2019).

Inisiatif-inisatif lokal yang dilakukan Tokopedia tersebut yakni:

1. Tokopedia Center

Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Yanuar Rakhmad menjelaskan bahwa Tokopedia Center di Makassar berfungsi mempermudah masyarakat dalam memulai dan menemukan kebutuhan lewat Tokopedia. Tak hanya di kota, Tokopedia Center Rural juga hadir di tiga pedesaan Sulawesi Selatan sebagai pusat edukasi bagi siapa pun yang ingin menciptakan peluang lewat Tokopedia.

"Diharapkan ini dapat membantu masyarakat, tak terkecuali di Makassar, dalam meningkatkan daya saing bisnis mereka di pasar nasional," ungkap Yanuar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Keluarga Tokopedia

Inisiatif lokal lainnya yakni diadakannya gathering antara seller-seller Tokopedia di Sulawesi Selatan. Nantinya, mereka dapat bertukar cerita dan informasi agar bisnis mereka semakin berkembang.

3. Tokopedia Class dan Pop Up Class

Inisiatif lokal ini dilakukan dengan tujuan mengedukasi pedagang, terlebih dalam hal pemanfaatan teknologi.

4. Tokopedia Youth

Menyadari pentingnya pemahaman teknologi sejak dini, Tokopedia juga melakukan pembinaan pada mahasiswa agar bisa berjualan secara online.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Mitra Tokopedia

Mitra Tokopedia diluncurkan dengan tujuan untuk mempermudah pemilik warung untuk mengembangkan bisnis lebih cepat, dengan aplikasi yang terpisah. Mitra Tokopedia sendiri melayani dua tujuan utama yaitu membantu pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan bisnis dengan berjualan berbagai produk digital, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir.

"Hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat telah dilayani oleh para mitra lewat aplikasi Mitra Tokopedia," tukas Ekhel.

Salah satu mitra di Makassar yang terbantu dengan adanya Mitra Tokopedia adalah Surianty Zainal. Pemilik warung toko kelontong Toko Yanti ini bergabung dengan Mitra Tokopedia sejak Agustus lalu.

Yanti mengaku merasakan manfaat menjadi Mitra Tokopedia dalam peningkatan penjualan usaha warungnya. Kini ia dapat mengelola warung secara mudah dan efisien juga mengatur stok warung sesuai kebutuhan.

"Manfaatnya sangat besar sekali. Soalnya dari awal buka toko kelontong di tahun 2010, saya kesulitan dalam hal stok barang dan transportasi. Harus ada minimal pembelian. Di Mitra Tokopedia enggak gitu," akunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.