Sukses

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Cara Cepat untuk Mengakhiri Sembelit

Liputan6.com, Jakarta - Sembelit adalah masalah yang sering dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan, dapat menyakitkan dan membuat frustasi.

Dalam banyak kasus, sembelit terjadi karena Anda tak makan cukup serat atau mengalami dehidrasi. Berikut ini beberapa cara cepat untuk mengakhiri sembelit yang Anda derita seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Minum teh madu-lemon

Buatlah teh dengan menambahan madu dan lemon ke dalam air. Madu adalah obat pencahar dan juga memantu mengurangi asam teh yang disebabkan oleh lemon. Lemon bertindak sebagai stimulan alami untuk sistem pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Minum banyak air

Tinja yang keras dan kering adalah penyebab paling umum dari sembelit. Minum air putih yang cukup akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik sehingga tinja mudah dikeluarkan.

Air dan jus buah adalah yang terbaik untuk melawan sembelit. Jus pir dan apel adalah obat pencahar alami yang ringan sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik saat mengonsumsinya.

Hindari minuman berkafein dan soda karena itu bersifat diuretik. Alih-alih menghidrasi tubuh, malah akan membuat tubuh melepaskan cairan lebih banyak.

 

3 dari 6 halaman

3. Makan makanan berserat

Makanan berserat dapat bertindak sebagai pencahar alami. Ini membantu tinja menahan lebih banyak air. Anda harus setidaknya menambahkan 20-35 gram serat dalam makanan sehari-hari.

Sumber makanan yang kaya serat termasuk kubis brussel, apel, ara, sereal, dan kacang hitam. Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti labu, wijen, biji bunga matahari, atau biji rami juga merupakan sumber serat yang baik.

 

4 dari 6 halaman

4. Makan buah plum/prem

Buah prem tak hanya kaya akan serat tapi juga mengandung sorbitol, gula yang dapat melonggarkan tinja yang meredakan sembelit secara alami. Bila Anda tak menyukai rasanya, cobalah minum jusnya meski memang seratnya lebih sedikit.

 

5 dari 6 halaman

5. Mengonsumsi yogurt

Meski disarankan untuk menjauhi produk susu jika menderita sembelit, yogurt adalah pengecualian. Yogurt mengandung probiotik yang membantu buang air besar lebih sering dan tak menyakitkan.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspadai 7 Dampak Buruk Terlambat Atasi Masalah Susah BAB
Artikel Selanjutnya
8 Fakta dan Mitos Seputar Sembelit yang Perlu Kamu Ketahui