Sukses

6 Cara Mudah Memutihkan Pakaian Menguning Tanpa Bahan Kimia Keras

Liputan6.com, Jakarta - Pakaian putih adalah pakaian berwarna netral yang dapat Anda kenakan di mana pun dan kapan pun. Sayangnya, pakaian ini akan menguning seiring waktu.

Jika Anda ingin membuatnya putih kembali dengan cara alami, alih-alih menggunakan bahan kimia, cara-cara ini dapat Anda lakukan. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Gunakan pemutih terbaik, matahari

Setelah Anda mencuci pakaian, gantunglah di jemuran dan biarkan matahari melakukan pengeringan. Sinar matahari akan memutihkan pakaian Anda tanpa bau dan bahaya pemutih.

Ini terjadi karena sinar ultraviolet matahari memecah ikatan kimia dalam noda, menyebabkan warna noda memudar. Ini hal yang sama dilakukan oleh zat pemutih kimia.

 

2 dari 6 halaman

2. Merendamnya dalam jus lemon

Jus lemon adalah pemutih yang sangat baik yang bisa memberikan pakaian putih Anda kembali bersinar. Malahan tak ada risiko pemutihan berlebih seperti bila Anda menggunakan bahan pemutih kimia.

Campurkan setengah cangkir jus lemon ke dalam 1 galon air panas. Aduk rata dan rendam pakaian Anda di dalamnya selama satu jam atau bahkan semalaman.

Keluarkan pakaian, tuang sisa air ke mesin cuci dan cuci pakaian seperti biasa.

Jus lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat di pakaian Anda. Oleskan jus lemon di atas noda karat dan taburkan krim tartar di atasnya. Kucek-kucek dan diamkan selama sekitar 30 menit. Noda akan hilang dan akan bisa mencucinya dengan normal.

 

3 dari 6 halaman

3. Menggunakan cuka putih saat mencuci

Cuka dapat menjadi teman terbaik pakaian Anda. Dari memutihkan pakaian, menghilangkan noda yang sulit diangkat, hingga menghilangkan bau badan, cuka dapat melakukan semuanya.

Untuk memutihkan pakaian, campurkan 1/4 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih suling. Gunakan cara ini sebagai alternatif pemutih.

Jika Anda punya pakaian berbau, Anda dapat menghilangkannya dengan menambahkan 1 cangkir cuka ke mesin cuci selama siklus pembilasan terakhir.

 

4 dari 6 halaman

4. Menambahkan baking soda

Baking soda secara kimia mirip dengan soda pencuci, karenanya dapat digunakan dengan cara yang sama. Soda kue juga pewangi alami sehingga pakaian Anda tak hanya lebih cerah, tapi juga memberikan sensasi segar.

Soda kue juga merupakan antiseptik ringan. Pakaian dan mesin cuci akan terlindung dari pertumbuhan bakteri bila Anda memakainya.

 

5 dari 6 halaman

5. Gunakan deterjen alami

Tidak hanya deterjen kimia, Anda juga sebenarnya bisa membeli deterjen alami. Ini terdiri dari enzim nabati dan mineral alami yang membersihkan sama efektifnya dengan deterjen sintesis.

Di sisi lain, zat mereka tidak sekeran deterjen sintesis sehingga bisa memperpanjang usia pakaian Anda. Bagian terbaiknya, deterjen alami biodegradable dan tak mencemari lingkungan.

 

6 dari 6 halaman

6. Biru adalah warna putih yang baru

Biru dan kuning adalah warna yang saling melengkapi. Jika ingin membuat pakaian Anda terlihat lebih putih bersinar, tambahkan cairan kebiruan pada pakaian Anda yang berwarna kekuningan.

Anda bisa menambahkan blau atau cairan biru untuk pakaian lainnya. Ikuti instruksi pada kemasan. Tambahkan hanya 1/4 hingga 1/8 sendok teh seharusnya dapat membuat pakaian Anda lebih putih.

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Cara-Cara Nyeleneh Warganet Mengecas Hape