Sukses

Meniru Tutorial Memasak Tak Biasa di Youtube, Dua Remaja Alami Hal Mengerikan

Liputan6.com, Jakarta - YouTube telah menjadi salah satu media sosial yang menjadi rujukan orang-orang dalam mencari kemudahan beraktivitas sehari-hari. Di YouTube, berbagai tutorial bermanfaat bisa Anda temukan untuk diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Meski demikian, tidak semua video yang diunggah di YouTube aman untuk dilakukan. Bila ditelan mentah-mentah, ada video-video yang sebenarnya berbahaya bila dilakukan sembarangan.

 

2 dari 5 halaman

Insiden mengerikan

Seperti kisah dua gadis berikut ini. Dua orang remaja asal Tiongkok mengalami cedera bahkan salah satunya meninggal akibat meniru tutorial di YouTube begitu saja.

Melansir dari Sin Chew Daily, dua remaja itu yakni Zhe Zhe (14) dan Xiao Yu (13). Mereka mencoba sendiri tutorial memasak popcorn dengan alat sederhana yakni kaleng minuman serta api dari spiritus yang mereka tonton dari YouTube.

 

3 dari 5 halaman

Korban meninggal dunia

Sayangnya, saat dilakukan, terjadi insiden. Kompor kecil yang mereka gunakan untuk memasak popcorn meledak.

Kompor kaleng itu meledak dan api yang membesar membakar keduanya. Keduanya mengalami cedera serius.

Xiao Yu mengalami luka bakar parah dan di rumah sakit, kondisinya terus dipantau. Sementara Zhe Zhe mengalami luka bakar 96% di tubuhnya yang mengakibatkan ia meninggal dunia.

 

4 dari 5 halaman

YouTuber disalahkan

YouTuber dengan nama Ono Ms Yeah Official Channel disalahkan atas insiden tersebut. Channel Ono memang kerap memberikan contoh konten memasak dengan alat-alat buatan sendiri yang digunakan di kantor.

YouTuber tersebut kemudian memberikan klarifikasi. Ia merilis pesan di Weibo yang menyatakan turut prihatian dengan insiden tersebut. Ono berkilah bahwa bukan hanya dirinya yang membuat konten memasak menggunakan kaleng dan api spiritus.

 

 

5 dari 5 halaman

Telah memberikan peringatan

"Saya telah berdoa berkali-kali agar terjadi keajaiban pada keduanya. Hati saya sedih," ungkap Ono.

Wanita juga mengklaim bahwa api yang ia gunakan lebih aman. Ia yakin, kedua remaja itu mempraktikkan tutorial bukan berdasarkan video miliknya tapi dari orang lain. Ia juga mengklaim telah memberikan peringatan di awal video bagi yang ingin mencoba tutorial miliknya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanpa Kompor, Begini Cara Membuat Popcorn dengan Rice Cooker