Sukses

Tidak Perlu Beli, Buat Sendiri Pengharum Ruangan dengan 5 Bahan Alami Ini

Liputan6.com, Jakarta - Berada di ruangan yang harum tentu akan membuat individu nyaman. Apalagi jika ruangan itu harum sesuai dengan aroma kesukaanmu.

Beberapa penelitian juga menunjukkan aroma tertentu bisa berdampak pada dirimu. Itu misalnya aroma lemon, lavender, dan daun mint yang bisa membuat tenang dan meningkatkan produktivitas.

Jika kamu tidak ingin membeli pengharum ruangan, kamu juga bisa membuatnya sendiri agar sesuai keinginan. Anda pun bisa menggunakan beberapa cara untuk membuat ruanganmu harum. 

Seperti melansir eHow, Minggu (25/8/2019), berikut beberapa alternatif cara membuat ruanganmu harum.

2 dari 7 halaman

1. Buah kering

Beberapa buah kering bisa membuat ruangan harum. Coba kumpulkan irisan jeruk kering, cengkeh, dan kayu manis. Lalu simpan dalam mangkuk dan simpan di ruangan Anda.

Anda juga bisa memasukkannya dalam kemasan kecil untuk di simpan di ruangan atau kamar. Aroma bahan kering itu bisa membantu mengharumkan ruangan.

3 dari 7 halaman

2. Lilin beraroma kopi

Jika kamu menyukai aroma kopi, kamu bisa menggunakannya sebagai pengharum ruangan. Sisa bubuk kopi bisa diubah menjadi seperti lilin aroma terapi. Lilin yang dibakar bisa mengharumkan ruangan dengan aroma kopi.

4 dari 7 halaman

3. Lilin-bunga

Selain dengan dibakar, lilin juga bisa kamu gunakan untuk mengharumkan ruangan dengan cara disimpan. Kamu juga bisa memilih aroma kesukaanmu seperti mawar atau lavender.

Caranya, tekan atau selipkan bunga dengan lilin cair. Tunggu hingga kembali memadat. Simpan di antara pakaian atau di dekat tempat yang ingin dibuat harum.

5 dari 7 halaman

4. Pengharum ruangan dalam stoples

Kamu juga bisa membuat pengharum ruangan menggunakan bahan yang disimpan dalam stoples. Caranya, coba masukkan beberapa bahan alami seperti irisan jeruk, lemon, dan daun mint ke dalam stoples berisi air.

Selain mengharumkan ruangan, kamu juga menghias stoples itu dan menjadikannya dekorasi.

6 dari 7 halaman

5. Tumbuhan beraroma harum

Jika kamu memiliki tumbuhan yang memiliki aroma kesukaanmu, itu bisa dimanfaatkan. Itu misalnya lavender atau rosemary. Kamu bisa merangkainya dan menggantungnya di pintu. Kamu jgu bisa berkreasi dalam memilih tumbuhan yang kamu inginkan.

Selain cantik untuk dekorasi, bunga seperti lavender itu bisa mengeluarkan aroma yang membuat harum ruangan.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Deretan Lowongan Pekerjaan Super Nyeleneh
Artikel Selanjutnya
Sampah Dapur Bisa Jadi Pengharum Ruangan yang Menyegarkan