Sukses

5 Tips Makan Siang Sehat bagi Pekerja Kantoran

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang tidak terbiasa makan pagi, beberapa tidak makan malam. Namun, sebagian besar orang melakukan makan siang.

Makan siang biasanya dilakukan saat istirahat dari aktivitas yang sedang dilakukan. Waktu makan ini dibutuhkan untuk mengisi tenaga saat melanjutkan aktivitas berikutnya.

Selain memilih makanan yang mengandung nutrisi dan baik bagi tubuh, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar makan siangmu lebih sehat.

Berikut lima cara makan siang yang lebih sehat seperti melansir dari The Guardian, Rabu (21/8/2019).

2 dari 7 halaman

1. Buat makan siangmu sendiri

Menyiapkan bekal makan siang sendiri akan lebih murah dan lebih aman karena Anda tahu apa isinya.

Anda bisa memasukkan makanan sehat yang tidak habis semalam sebelumnya, ditambah dengan sayuran. 

Gillan Killiner, Ahli Diet dan Juru Bicara British Dietetic Association, mengatakan bahwa makanan yang Anda beli di toko "harus menjadi pilihan terakhir."

“Itu (makanan yang dibeli di toko) dapat mengandung bahan-bahan pro-inflamasi, terutama minyak sayur dan pengisi murah, yang tidak memberikan energi besar, jadi membuat Anda lapar dan tidak puas,” kata Killiner.

3 dari 7 halaman

2. Jangan makan di meja kerjamu

Lebih baik jika Anda menikmati makan siang di tempat yang tenang, dan jika mungkin, di luar ruangan. Makan siang di meja kerjamu akan membuatmu lebih fokus bekerja daripada makan. Hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

“Reseptor dari usus ke otak tidak akan bekerja secara optimal dan membuat Anda merasa tidak puas dan ingin makan lebih banyak tanpa menyadari apa yang sudah Anda konsumsi,” lanjut Killiner.

Ia menambahkan, duduk membungkuk dan makan tanpa dikunyah secara benar juga dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4 dari 7 halaman

3. Maksimalkan Olahragamu

Mungkin istirahat makan siangmu terdengar tidak cukup bila disisipi olahraga. Namun, sebenarnya olahraga singkat dapat dilakukan agar tubuhmu semakin bugar.

Pelatih dan pendiri Pilates PT, Hollie Grant, menyarankan High Intensity Interval Training (HIIT) untuk dilakukan saat istirahat makan siang.

“Cara tercepat untuk menjadi bugar dalam waktu sesingkat mungkin. Ini kerja keras yang singkat. Anda dapat dengan mudah melakukan latihan HIIT dalam 20 menit,” kata Grant.

Anda dapat mengubah olahraga lari menjadi HIIT dengan bergantian lari sprint 30 detik dengan jogging atau berjalan 30 detik. Selalu ingat untuk melakukan pemanasan dan pendinginan, dan makan sesudah olahraga (bukan sebelum).

5 dari 7 halaman

4. Perhatikan Asupan Air

Killiner mengatakan bahwa Anda lebih baik sering minum air putih dalan jumlah kecil, “Terlalu banyak cairan saat makan dapat menyebabkan beberapa orang mengalami refluks asam, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan kembung."

Sekitar 250 ml air cukup untuk diminum saat makan, tetapi Killiner menyarankan untuk minum 500 ml air 30 menit sebelum makan. Hal tersebut dapat mengurangi rasa kelaparan sehingga Anda lebih bisa mengontrol diri untuk memilih makanan sehat.

6 dari 7 halaman

5. Hindari hal yang kurang bijak setelah makan

Beberapa orang sering merasa ngantuk setelah makan siang, atau merasa ingin makan camilan cokelat dan sebagainya.

Hal-hal yang kurang bijak tersebut akan semakin buruk bila Anda lanjut mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, seperti roti, pasta, atau kentang.

“Makan pilihan makanan yang bergizi seperti ikan putih dan berminyak dan makanan laut, beras merah, kue gandum, quinoa dan berbagai sayuran berwarna-warni. Taburi dengan biji atau kacang," rekomendasi Killiner. 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenapa Kita Suka Mengantuk Sesudah Makan?
Artikel Selanjutnya
Resep Telur Dadar Geprek, Bekal Makan Siang yang Praktis