Sukses

Sering Diabaikan, 5 Barang Ini Wajib Dibersihkan Agar Bebas Bakteri

Sering digunakan, deretan barang yang mungkin jarang dibersihkan padahal bisa jadi sarang kuman.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sering membersihkan pakaian, alat dapur, atau perkakas rumah. Namun, Anda mungkin tak membersihkan barang- barang lain yang sebenarnya menyimpan banyak kuman dan bakteri.

Barang-barang itu umumya sering Anda gunakan setiap hari, bahkan dibawa ke manapun Anda pergi. Oleh karenanya jika tidak dibersihkan, benda itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda.

Seperti melansir dari Shape, Jumat (16/8/2019), berikut lima barang yang umumnya jarang dibersihkan dan tips membersihkannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bantal

Pernah terbangun lalu merasa hidung tersumbat? Salah satu penyebabnya mungkin karena bantal Anda kotor.

Penelitian yang dilakukan di Inggris, menunjukkan adanya bakteri di bantal. Sel kulit mati, tungau, dan jamur biasanya juga terdapat pada bantal.

Oleh karenanya, Anda perlu membersihkan bantal. Caranya tergantung tipe bantal Anda. Jika tipenya bantal sintesis, Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci atau cek pada label intruksi.

3 dari 6 halaman

2. Gagang sikat gigi

Laporandari National Sanitation Founsation (NSF) menemukan 27 persen dari gagang sikat gigi terkontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Peneliti pun menyatakan, tempat menyimpan sikat gigi Anda mungkin merupakan tempat terkotor di kamar mandi.

Untuk membersihkan gagang sikat gigi, Anda bisa menggunakan air panas yang dicampur sabun. Anda bisa membersihkannya dua kali seminggu.

4 dari 6 halaman

3. Kunci

Kunci yang sering ada di saku atau tas Anda juga kotor. Bakteri seperti yang ada pada keyboard (papan ketik) juga terdapat di kunci yang sering Anda bawa.

Namun, Anda tampaknya jarang membersihkan kunci, bukan? Padahal, jika dibiarkan, bakteri itu bisa mendatangkan penyakit.

Cara membersihkannya, Anda tinggal mengelapnya menggunakan kain basah atau kain dengan cairan pembersih.

5 dari 6 halaman

4. Gawai

Ponsel atau gawai sering menjadi teman menemani Anda kemana pun. Anda pun sering meletakkannya di meja publik dan tempat-tempat yang memungkinkan berkembangbiaknya bakteri.

Cara membersihkannya, Anda bisa mengelapnya dengan dengan cairan pembersih. Coba matikan ponsel Anda terlebih dahulu dan biarkan cairan pembersih anti-kuman mengering.

6 dari 6 halaman

5. Dompet

Seperti gawai, orang-orang pun sering membawa dompet ke mana- mana. Tak jarang, dompet pun diletakkan di tempat umum seperti di meja, kursi, bahkan di kamar mandi umum.

Berdasarkan laporan dari Initial, rata-rata dompet lebih kotor dari rata-rata kamar mandi kantor. Laporan itu dilakukan sebuah perusahaan pelayanan kamar mandi di Inggris.

Cara membersihkannya, tergantung tipe dompet Anda. Namun, rata- rata dompet dapat dibersihkan dengan cara mengelapnya dengan kain basah atau air sabun.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.