Sukses

Bukannya Bersih, 9 Kesalahan Ini Bisa Bikin Tempatmu Makin Kotor

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan memang bisa membuat nyaman dan terhindar dari penyakit. Banyak cara membersihkan benda di lingkungan kita. Tentu kita perlu membersihkan berbagai hal dengan cara yang tepat, bukan?

Namun ternyata, ada beberapa kesalahan membersihkan yang mungkin pernah dilakukan segelintir orang. Bukannya menjadi bersih, hal ini malah bisa membuat menyebarnya bakteri dan kotor.

Dilansir dari Goodhousekeeping, Minggu (21/7/2019), berikut beberapa kesalahan yang membuat tempatmu semakin kotor.

1. Menggunakan kemoceng secara terus-menerus

Membersihkan beberapa bagian dengan kemoceng mungkin dapat menghiangkan debu. Namun, melakukannya secara terus-menerus bisa membuat debu bertebaran ke tempat lain.

Lebih baik, coba gunakan kain mikrofiber yang akan menyerap debu.

2 dari 6 halaman

2. Tak mengeringkan sikat toilet sebelum disimpan

Toilet tentu menjadi salah satu sarang kuman. Menyimpan sikat toilet yang masih basah di tempatnya, apalagi tidak membersihkannya tentu akan menjadikan sikat itu sarang kuman.

Maka, keringkan dahulu sikat yang telah digunakan sebelum mengembalikan ke tempatnya.

3. Menggunakan spons cuci piring yang kotor

Spons cuci piring yang Anda gunakan untuk membersihkan piring tidak akan bisa optimal membersihkan jika Anda tidak membersihkannya juga. Maka coba bersihkan spons dalam beberapa hari sekali dan menggantinya setiap beberapa bulan.

Untuk membersihkan spons, Anda bisa dengan basahi spons di air dan mengeringkannya. Jika bisa, bersihkan dengan cara masukan ke microwave dan panaskan beberapa menit.

3 dari 6 halaman

4. Menggunakan terlalu banyak detergen dan pelembut pakaian

Anda tentu ingin pakaian yang bersih. Namun, jangan gunakan terlalu banyak detergen dan pelembut pakaian saat mencuci. Hal itu bukannya akan membersihkan tapi bisa membuat sisa detergen tak terangkat atau tercuci dengan benar.

5. Tidak mencuci blender dengan benar

Jangan hanya membilas blender dengan air dan sabun. Lepaskan bilah pisau dengan blendernya untuk menghindari penumpukan sisa makanan di sela-sela bilah pisau.

4 dari 6 halaman

6. Menyimpan sikat gigi di tempat gelap

Anda mungkin menyimpan sikat gigi di lemari tertutup untuk menjaga kebersihannya. Namun, ternyata menyimpan sikat gigi di tempat gelap bisa membuat bakteri lebih mudah menyebar.

Biarkan sikat gigi di tempat terang dan jangan lupa tutup sumber bakteri seperti toilet.

7. Terlalu lama menyimpan makanan di kantong belanja

Kantong belanja yang sering digunakan dapat menyimpan bakteri makanan. Menyimpan makanan di kantong belanja terlalu lama bukannya dapat melindunginya, tapi bisa menyebarkan bakteri. Oleh karena itu, bersihkan dan cuci kantong belanja secara rutin.

5 dari 6 halaman

8. Mengelap kaca tanpa membersihkan debunya

Mengelap atau mencuci kaca tanpa membersihkan debunya terlebih dahulu bisa membuat air kotor menetes. Oleh karenanya, bersihkan dahulu dengan debu atau vakum.

9. Mencuci kaca saat terik

Mencuci kaca saat panas atau terik akan membuat kaca kering sebelum sempat memberihkan sabunnya. Bukannya kinclong, akan terlihat bekas sabun di kaca Anda.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Bagi Milenial untuk Atasi Masalah Keuangan
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih Kayu Manis untuk Campuran Minuman dan Aroma Kue