Sukses

Sering Mandi Pakai Lensa Kontak, Mata Pria Ini Akhirnya Buta Sebelah

Liputan6.com, London - Mata kanan seorang pesepakbola amatir dilaporkan buta setelah sering mandi dengan lensa kotak. Nick Humphreys (29) dari Shrewsbury, Inggris, tidak tahu bahwa mandi dengan lensa kontak adalah tindakan berbahaya dan ia melakukannya nyaris setiap hari.

Pada Januari 2018, ia melihat goresan menyakitkan di kornea matanya. Nick mencoba mengatasi hal tersebut dengan obat tetes mata, tapi saat pergi ke dokter, dia diberi tahu bahwa itu merupakan infeksi.

Luka tersebut merupakan infeksi dari organisme kecil yang ditemukan dalam air yang dapat masuk ke mata melalui luka kecil. Biasanya ini disebabkan oleh lensa kontak dan disebut Acanthamoeba keratitis (AK).

"Aku tidak memikirkannya saat itu. Aku tidak pernah diberitahu untuk tidak memakai lensa kontak di kamar mandi. Tak ada peringatan pada kemasannya dan dokter mataku tidak pernah menyebutkan risiko itu," ungkap Nick seperti dikutip dari Daily Mail.

Kebiasaan mandi menggunakan lensa kontak itu ia lakukan cukup sering. Hingga hari ia tak dapat melihat dengan baik lewat mata kanannya itu.

 

 

2 dari 5 halaman

Kehilangan mata kanannya

Setelah didiagnosis dengan infeksi akibat parasit, pria itu sempat googling di internet dan menyadari bahwa ia bisa saja kehilangan mata kanannya akibat infeksi tersebut. Seminggu kemudian, dokter mendiagnosisnya dengan positif mengidap AK.

Dua bulan setelah itu, meski telah diberi obat tetes mata desinfektan, Nick mendapati mata kanannya benar-benar tak bisa lagi melihat. Ia segera dirujuk ke rumah sakit mata dan mendapat resep obat tetes mata kekuatan lebih tinggi yang harus diteteskan tiap jam, bahkan di malam hari.

 

 

3 dari 5 halaman

Harus melakukan donor kornea

Enam bulan setelah diagnosis awal, meski telah melakukan prosedur membersihkan infeksi, dokter tak dapat menyelamatkan kornea mata Nick. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menerima donor kornea. Prosedur ini melibatkan pencangkokan jaringan dari membran amniotik ke mata untuk melindungi kornea.

"Jika aku tahu betapa berbahayanya memakai lensa kontak di kamar mandi, aku tidak akan pernah melakukannya."

 

 

4 dari 5 halaman

Pentingnya menjaga kebersihan lensa kontak

Menurut badan amal Fight for Sight, infeksi akibat AK tengah meningkat dan ini sering terjadi pada orang yang memakai lensa kontak.

Kebersihan lensa kontak yang buruk, menggunakan air keran untuk membersihkan atau menyimpan lensa kontak, atau mencemari lensa dengan air keran, kolam, atau air panas dapat meningkatkan risiko terkena infeksi.

 

 

5 dari 5 halaman

Bahayanya infeksi mata akibat amuba

Acanthamoeba keratitis dapat ditemukan di air seluruh dunia, termasuk danau, laut, sungai, kolam renang, bak air panas, air keran, air tanah, bahkan air di kamar mandi. Pada umumnya, AK tidak berbahaya bagi manusia.

Tapi amuba ini dapat menggali dan menembus bola mata, menyebabkan kehilangan penglihatan total hanya dalam beberapa minggu saat terjadi infeksi. Lensa kontak dapat membuat lecet kecil di mata yang memudahkan AK menempel saat mata bersentuhan dengan air.

Karena itu, terdapat larangan mandi dan berenang sambil menggunakan lensa kontak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading