Sukses

Biasakan Makan Satu Buah Mentimun Tiap Hari, Hal Menakjubkan Ini Terjadi pada Tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita tidak menyukai mentimun karena rasanya yang hambar. Padahal, mentimun memiliki banyak manfaat.

Buah yang sering dianggap sayur ini memiliki jumlah nutrisi yang mengejutkan. Tak hanya itu, mentimun juga tak mengandung lemak, sangat sedikit kalori, dan kaya air. Ini menjadikannya penganan yang baik untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dan membantu menurunkan berat badan.

Lalu, apa yang terjadi bila Anda mengonsumsi satu buah mentimun tiap hari? Hal-hal inilah yang akan terjadi pada tubuh Anda. Melansir dari hhdresearch.org, ini dia.

1. Perlindungan terhadap penyakit

Mentimun mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh. Mereka berikatan dan menetralkan elektron tidak berpasangan (radikal bebas) untuk melindungi Anda dari masalah seperti penyakit kronis dan penuaan dini.

Ketika Anda makan mentimun setiap hari, Anda meningkatkan asupan antioksidan terutama flavonoid dan tanin yang kuat. Satu studi yang meneliti diet 30 orang dewasa dengan bubuk mentimun menemukan bahwa untuk tiap peserta, tingkat aktivitas antioksidan meningkat secara signifikan dari awal.

 

2 dari 3 halaman

2. Hidrasi yang lebih baik

Tercukupinya kebutuhan cairan oleh tubuh itu penting. Banyak dari kita yang berjuang dengan minum air untuk mencukupi hal tersebut. Dehidrasi alias kekurangan cairan dapat berdampak serius pada kesehatan Anda.

Anda bisa mencukupi kebutuhan air untuk tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya air seperti mentimun. Kabar baiknya, mentimun 96%-nya adalah air. Studi menunjukkan peningkatan konsumsi buah dan sayuran meningkatkan status hidrasi.

3. Membantu turunkan berat badan

Mentimun adalah buah yang rendah kalori tapi tinggi serat. Memakannya membantu Anda merasa kenyang tanpa banyak asupan karbohidrat. Studi menunjukkan makan makanan yang kadar airnya tinggi terkatit penurunan massa tubuh yang signifikan.

Jika Anda makan mentimun utuh tiap hari, Anda hanya akan mengonsumsi 45 kalori (dan tidak mengandung lemak) tapi mendapatkan protein, vitamin C, vitamin K, magnesioum, potasium, dan mangan dalam jumlah yang signifikan.

 

3 dari 3 halaman

4. Gula darah yang rendah

Gula darah yang tak terkontrol adalah pemicu di balik diabetes terutama terkait dengan diet tinggi gula. Kadar gula darah tinggi yang kronis membuat tekanan yang luar biasa pada tubuh dan sangat meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Kondisi ini disebut prediabetes dan ratusan ribu orang mengalaminya tanpa menyadarinya.

Satu studi pada hewan mengamati efek beberapa tanaman berbeda pada kadar gula darah dan mentimun ditemukan menguranginya. Studi hewan lain menyimpulkan bahwa ekstrak kulit mentimun dapat membalikkan perubahan terkait diabetes pada tikus dengan penyakit ini.

5. BAB lancar

Banyak hal yang menyebabkan konstipasi/sembelit/susah BAB, seperti stres, dehidrasi, dan pola makan yang buruk. Makan mentimun tiap hari dapat membantu Anda agar BAB tetap teratur.

Serat larut dalam mentimun yang disebut pektin juga membantu hal tersebut. Studi menunjukkan bahwa pektin mempercepat pergerakan otot usus dan memberi makan bakteri usus baik yang dapat melancarkan pencernaan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur
Artikel Selanjutnya
LRT Jakarta Targetkan Angkut 14 Ribu Penumpang Setiap Hari