Sukses

Tertarik Jadi Vlogger? Kamera Seperti Ini yang Harus Kamu Punya

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital ini, banyak sekali cara kreatif untuk bisa menghasilkan uang. Sedikit berbeda dengan duduk di kantor, jika kamu memiliki banyak ide kreatif, kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang vlogger.

Kegiatan video blogging (vlogging) yang dibuat oleh para vlogger (video blogger), belakangan seperti sedang menjadi sebuah tren. Biasanya mereka menggunakan kamera dengan ukuran yang kecil agar mudah di bawa ke mana-mana.

Namun, kamu juga bisa menggunakan kamera pada ponsel apabila kamu tidak memiliki kamera. Kegiatan menbuat vlog ini biasanya bertujuan untuk membagikan pengalaman atau kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari.

Kamera yang digunakan sebagai media untuk membuat vlog ini, biasanya adalah action camera. Ukurannya yang tidak terlalu besar dengan fiturnya yang cukup memadai, dapat mempermudah kegiatan para vlogger saat sedang membuat sebuah konten.

Jika kamu juga tertarik untuk membeli sebuah action camera untuk membuat vlog, maka pastikan kamu mengecek terlebih dahulu apakah kamera tersebut memiliki fitur di bawah ini.

 

2 dari 5 halaman

Hypersmooth

Pastikan kamera yang akan kamu beli memiliki fitur hypersmooth. Pasalnya, fitur ini akan membantumu menstabilkan kualitas video dari guncangan saat merekam.

Biasanya para vlogger atau videographer juga menggunakan stabilizer kamera sebagai alat bantu. Alat tersebut bisa membantu mereka menahan guncangan pada video saat membuat konten.

Namun, jika kamu ingin membeli alat ini, kamu perlu mengeluarkan anggaran yang cukup besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa membeli kamera yang memiliki fitur hypersmooth.

Itu karena, biasanya action camera yang memiliki fitur hypersmooth juga dilengkapi dengan fitur anti-shaking. Selain itu, kamera dengan fitur ini mampu menghasilkan video yang halus dengan resolusi 4k dan 60fps.

Untuk kamu yang ingin membuat konten dengan konsep petualangan, fitur ini pasti akan sangat membantu.

 

3 dari 5 halaman

Timelapse

Apa kamu pernah menggunakan fitur timelapse? Biasanya di dalam sebuah video, diselipkan beberapa footage yang ditampilkan secara dipercepat.

Nah, footage tersebut, bisa direkam menggunakan fitur timelapse. Tujuannya tentu saja adalah agar penonton video tidak merasa mudah bosan.

Tujuan lainnya, bisa saja untuk mempercepat agar video tidak memiliki durasi yang terlalu panjang. Untuk mengambil gambar menggunakan fitur ini, biasanya kamera harus berada pada posisi diam.

Hal tersebut bertujuan agar gambar yang dihasilkan bisa lebih menarik. Namun, dengan fitur timewarp, kamu tetap bisa membuat video timelapse walau dalam keadaan bergerak.

Jangan khawatir akan kehilangan fokus dan orientasi, karena fitur ini akan tetap menghasilkan gambar yang bagus.

Apalagi jika kamu membuat karya yang cukup sinematik, tak perlu diragukan lagi kalau videomu akan populer di mana-mana.

 

4 dari 5 halaman

Live Streaming

Fitur terakhir adalah live streaming. Biasanya fitur ini digunakan untuk membuat konten di media sosial seperti Instagram, Facebook, ataupun Twitter.

Action camera yang memiliki fitur ini sudah pasti sangat membantu. Apalagi jika kamu ingin membagikan momen spesial secepatnya.

Fitur live streaming juga bisa membuatmu berbagi secara langsung dengan para penonton di berbagai lokasi lain.

Hanya tinggal sambungkan action camera-mu ke jaringan WiFi atau hotspot pribadi, melakukan login ke platform streaming, selanjutnya kamu bisa eksis di mana pun dan kapan pun tanpa repot.

Berbagai fitur itulah yang bisa memudahkanmu dalam membuat sebuah vlog.

Salah satu kamera yang memiliki fitur lengkap seperti di atas adalah GoPro Hero 7. Tak hanya fitur unggulan di atas, kamu juga bisa mendapatkan fitur yang tak kalah canggih dengan kamera lain.

Contohnya adalah fitur waterproof, voice control & swipe navigation, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur dan detail kamera ini, kamu bisa mendatangi toko elektronik terdekat di daerahmu. Selamat membuat konten!

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Saluran YouTube dengan Subscriber Terbanyak, Siapa Saja?
Artikel Selanjutnya
Makan Gurita Hidup, Vlogger Ini Digigit hingga Terluka