Sukses

Selain Atlantis, 6 Kota Legenda Ini Juga Hilang dan Tak Pernah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta - Selain Atlantis yang disebut sebagai kota yang hilang, sesungguhnya masih banyak kota lainnya yang memiliki julukan sama. Melansir dari Curiosmos, berikut di antaranya.

1. Lost City of Z

Kisah di balik kota ini dapat ditelusuri kembali pada tahun 1925 saat penjelajah terkenal dan arkeolog Inggris Percy Fawcett diperkenalkan pada petualangan yang tersembunyi di dalam Hutan Hujan Brasil.

Setelah mempelajari kemungkinan lokasi, Fawcett berangkat untuk menemukan kota legendaris yang ia juluki 'Z'. Menurutnya, kota itu tersembunyi di suatu tempat di wilayah Mato Grosso di Brasil. Sayang, Fawcett tak pernah berhasil kembali dari ekspedisi itu.

2. Shambala

Shambala lebih dari sekadar kota legendaris yang hilang. Ini disebut-sebut sebagai kerajaan kuat yang beberapa kali disebut sebagai Shangri-la.

Legenda mengatakan bahwa kerajaan Shambala tempatnya ditata dalam bentuk bunga teratai bermata delapan yang dikelilingi oleh gunung-gunung besar yang tertutup salju.

 

2 dari 3 halaman

3. Aztlan

Salah satu kota legendaris terbesar yang hilang di benua Amerika ini merupakan rumah bagi salah satu peradaban kuno terpenting Mesoamerika.

Sering disebut sebagai Atlantisnya Amerika, kota ini merupakan tempat tinggal suku Aztec. Suku tersebut memiliki peradaban kuat yang menghubi bagian-bagian modern di Meksiko sebelum ditaklukkan oleh Spanyol.

Kota legendaris ini diduga terletak di suatu tempat di Amerika Utara dan sampai sekarang belum pernah ditemukan.

4. El Dorado

Terkenal sebagai kota kuno yang seluruhnya terbuat dari emas, kota legendaris ini memotivasi banyak pemburu harta. Banyak penjelajah berkelana mencari El Dorado, termasuk Sir Walter Raleigh dan Francisco de Orellana yang merupakan penakluk Eropa pertama yang menyeberangi Sungai Amazon.

 

3 dari 3 halaman

5. Camelot

Kota ini dikaitkan dengan Raja Arthur yang legendaris. Banyak yang mengatakan bahwa ini merupakan karya fiksi belaka.

Meskipun demikian, cerita dan legenda di Britania Raya menunjukkan itu adalah lokasi nyata yang terkait dengan kota yang berkembang.

6. Lemuria

Tempat mitologis ini dikatakan ada di suatu tempat di India atau Samudera Pasifik. Para penulis Tamil mengaitkannya dengan Kumari Kandam, sebuah benua mitos yang hilang dengan peradaban Tamil kuno yang terletak di selatan India.

Loading