Sukses

Begini Penampakan Jika Planet Tata Surya Gantikan Posisi Bulan, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Bumi merupakan salah satu-satunya planet di tata surya yang dihuni mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Bumi menempati urutan ketiga dalam Tata Surya, setelah planet Merkurius dan Venus.

Bumi memiliki satelit yaitu Bulan. Secara ilmiah, fungsi bulan sebagai satelit bumi adalah berpengaruh pada gravitasi bumi yang mengakibatkan terjadinya pasang surut air laut. 

Bumi dan bulan berada dalam lintasan rotasi yang sama di sistem tata surya kita. Hal ini yang menyebabkan kita melihat bulan selalu dari sisi yang sama. Bulan mendapatkan pantulan cahaya dari matahari sama seperti bumi. Jadi, bagian dari bulan yang kita lihat bersinar pada saat malam di bumi, merupakan sisi siang hari siang hari pada bulan.

Namun, bagaimana jika posisi bulan tergantikan oleh planet-planet  tata surya lainnya? Seperti yang kita tahu, tata surya memiliki 8 planet yaitu Mekurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Tentunya, penampakannya akan berbeda dengan dari bulan. Penasaran kan, gimana penampakannya? Berikut Liputan6.com, Sabtu (23/3/2019) rangkum dari akun twitter @ZonePhysics, gambaran ketika planet-planet tata surya menggantikan posisi bulan yang bikin kamu takjub.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Gambaran Planet Tata Surya Gantikan Posisi Bulan

Waw, keren banget ya? Dari planet yang kecil seperti Mars dan Venus hingga planet yang besar seperti Jupiter dan Saturnus terlihat cantik. Kalau kamu suka penampakan planet yang mana nih?

3 dari 3 halaman

Bagaimana Jika Bumi Tak Memiliki Bulan?

Ibarat pasangan abadi, Bumi dan Bulan merupakan dua objek alam yang tidak bisa dipisahkan. Namun, pernahkah kamu berpikir jika Bulan tidak berada dekat dengan Bumi? Akankah Bumi bisa menjadi Bumi yang seperti kita huni pada saat sekarang ini?

Nah, para ilmuwan NASA menciptakan beberapa teori jika Bumi tidak memiliki Bulan. Mereka memberikan gambaran yang terjadi di Bumi bila Bulan tidak mengorbit dekat dengan planet kita ini.

Menurut ilmuwan, langit di malam hari akan menjadi lebih gelap. Selain itu efek lainnya adalah rotasi bumi akan menjadi tidak stabil. Satu hari di Bumi bisa mencapai 6 hingga 12 jam saja.

Dampak lain ketidakhadiran Bulan juga menyebabkan permukaan air laut menjadi lebih rendah secara drastis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.