Sukses

Jenis Saham dan Penjelasannya Wajib Diketahui Bagi Calon Pemegang Saham

Jenis saham ada tiga yang perlu kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang ingin mencoba membeli saham tentu harus mengetahui apa saja jenis saham yang ada. Meskipun kamu sering mendengar kata saham, akan tetapi banyak dari kamu mungkin masih belum memahami apa itu saham.

Saham sendiri ialah salah satu surat berharga yang bisa diperjual belikan. Saham merupakan satuan nilai ataupun pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pad bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan saham ini sebuah perusahaan pun bisa meningkatkan modal bisnis.

Penjualan saham ini pun bisa dilakukan melalui pasar primer ataupun pasar sekunder. Sebelumnya saham hanyalah berupa kertas dimana kepemilikannya dituliskan didalamnya. Namun karena berkembangan teknologi, saat ini pun saham tak lagi berupa kertas. Kepemilikan saham ini dituliskan pada sebuah akun dengan nama si pemilik saham.

Pemilik dari saham ini pun bisa per orangan ataupun sebuah lembaga. Selain itu harga dari saham ini pun ditentukan dengan harga per lembarnya. Memang harga dari jenis saham ini termasuk murah. Akan tetapi saat kamu ingin membelinya, kamu tak bisa membeli dalam eceran, melainkan dalam satuan lot. Dalam satu lot sendiri terdiri atas 100 lembar saham.

Sebagai calon pembeli saham, kamu pun harus bisa memilih jenis saham apa yang cukup menguntungkan. Karena setiap jenis saham pun memiliki keuntungan dan juga kelemahan masing-masing. Liputan6.com pun telah merangkum jenis saham yang perlu kamu ketahui dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-jenis saham

Jenis saham yang perlu kamu ketahui pun ada tiga jenis bila dilihat dari karakternya. Jenis saham yang dimaksudkan ialah berdasarkan segi kemampuan, cara peralihan, serta dari kinerja perdagangan. Berikut ini jenis saham yang perlu kamu tahu.

1. Jenis saham berdasarkan kemampuannya

- Saham biasa atau common stocks

Jenis saham ini merupakan jenis saham yang paling umum. Hal ini dikarena jenis saham ini cukup banyak digunakan dan juga populer di kalangan pasar modal. Karena pemilik dari jenis saham ini bisa mendapkan deviden saat perusahaan memperoleh keuntungan. Namun para pemilik saham inii tak akan memperoleh deviden saat perusahaan dalam kondisi yang buruk.

Selain itu, para pemilik saham ini pun memiliki hak pada Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Akan tetapi, meskipun memiliki hak pada RUPS, kewajiban dari para pemegang saham ini cukup terbatas. Bila suatu hari nanti perusahaan dilikuidasi ataupun bangkrut, para pemegang saham ini pun berhak untuk mendapatkan sisa aset perusahaan.

- Saham Preferen atau Preferen Stocks

Untuk jenis saham preferen ini, para pemegang saham memiliki hak istimewa. Selain itu para pemegang saham pun lebih pasti dalam memperoleh pembayaran deviden dibandingkan dengan pemegang jenis saham lainnya. Jenis saham ini pun gabungan dari obligasi dan saham biasa. Pemegang dari jenis saham preferen ini pun bisa melakukan klaim terlebih dahulu. Selain itu, apabila perusahaan mengalami kebangkrutan, maka para pemegang saham preferen inii akan mendapatkan sisa aset perusahaan terlebih dahulu.

3 dari 4 halaman

2. Jenis saham berdasarkan cara peralihannya

- Saham atas unjuk atau bearer stocks

Dari segi fisiknya, jenis saham ini tidak ditulis nama dari pemilik saham. Hal ini dilakukan agar saat pemindahtanganan dari satu investor ke investor lainnya lebih mudah. Selain itu, tujuan dari jenis saham atas unjuk ini pun memang untuk diperjualbelikan.

Namun meskipun jenis saham ini tidak tertulisa nama pemilik sahamnya, kamu tak perlu khawatir. Karena dalam hal legalitas, pemegang saham ini tetap diakui sebagai pemilik saham serta berhak untuk ikut dalam rapat umum pemegang saham.

- Saham atas nama atau registered stocks

Berbeda dengan saham atas unjuk, saham atas nama ini tentu saja nama pemilik saham tertulisa dengan jelas di kertas saham. Selain itu, pemindahtanganan jenis saham ini pun tak bisa dilakukan dengan mudah. Karena ada prosedur khusus yang harus dilakukan.

4 dari 4 halaman

3. Jenis saham berdasarkan kinerja perdagangannya

- Blue chip stocks

Jenis saham ini termasuk pada jenis saham yang sangat diincar oleh para calon investor. Hal ini karena saham yang dijualbelikan biasanya berasal dari perusahaan yang telah memililki reputasi tinggi. Selain itu, perusahaan ini biasanya telah memiliki pendapatan yang cukup stabil. Bahkan mampu untuk membayar deviden dengan konsisten kepada para pemilik saham.

- Income stocks

Pada jenis saham ini, memiliki keunggulan untuk membayarkan deviden yang lebih tinggi dibandingan rata-rata deviden pada tahun sebelumnya. Sehingga jenis saham ini pun menjadi salah satu yang cukup diminati para investor. Selain itu, jenis saham ini pun memiliki pendapatan yang lebiih tinggi dibanding jenisa saham lain. Serta perusahaan yang menggunakan jenis saham income ini bisa membagikan deviden secara teratur dan juga rutin.

- Growth Stocks

Jenis saham ini pun bisa dibilang cukup mirip dengan jenis blue chip. Namun jenis saham ini juga bisa digunakan pada jenis perusahaan yang berada di daerah serta kurang populer.

- Speculative Stocks

Jika kamu yang senang dengan tantangan, kamu bisa mencoba untuk membeli saham jenis ini. Karena meskipun memiliki penghasilan laba yang cukup tinggi, akan tetapi kamu tidak bisa secara konsisten mendapatkan penghasilan laba atau deviden yang sama.

- Counter cyclical Stocks

Kamu yang ingin bermain aman dengan saham, sebaiknya gunakan counter cyclical stocks. Karena jenis saham ini tidak terpengaruhi oleh kondisi ekonomi yang tidak stabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini