Sukses

Mengurangi Stres hingga Bakar Kalori, Ini 9 Fakta Unik Berciuman

Menyalurkan kasih dan perasaanmu lewan ciuman yang ternyata sangat bermanfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan tentu menjadi hal yang menyenangkan. Kalian dapat berbagi banyak hal dan pengalaman yang bisa menjadi sebuah kebahagiaan yang sederhana. Bagi banyak orang pasangan adalah bagian dari diri mereka yang tidak bisa dilepaskan. 

Kasih sayang antar pasangan bisa ditunjukkan lewat perhatian dan juga gesture tubuh seperti pelukan atau ciuman yang hangat. Ya, ciuman adalah salah satu cara yang bisa menunjukkan betapa kalian mencintai dan menginginkan pasangan kalian

Dilansir dari Brightside.me, ilmuwan mengatakan bahwa mencium pasangan setiap hari mampu memperpanjang hidup kalian loh. Tak hanya itu masih banyak fakta unik lainnya dari berciuman loh, berikut ulasannya:

1. Mengurangi Gejala Alergi dan Demam

Melakukan ciuman selama 30 menit dapat mengurangi gejalan demam atau alergi. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ciuman mengurangi pertumbuhan antibodi IgE atau Immunoglobulin E dalam darah. Antibodi ini berperan atas gejala alergi seperti pilek dan bersin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengurangi Stres

Berciuman dapat meredakan ketegangan pada otak atau stres. Saat kalian berciuman, tubuh akan menghasilkan oksitosin yang merupakan penenang alami pada tubuh. Hormon ini menghentikan kecemasan dan membuat kalian merasa lebih reliks.

3. Membakar Kalori

Berciuman dapat membakar kalori sebanyak 120 kalori per jam. Hal ini akan menggantikan sesi olahraga kalian. Semakin lama kalian melakukannya maka semakin banyak kalori yang terbakar, akan lebih baik lagi jika kalian melakukannya sambil berdiri atau bergerak dari pada hanya duduk diam saja.

4. Membuat Kalian Awet Muda

Ciuman melibatkan 23-34 otot-otot wajah, berciuman dapat menghaluskan kerutan dan membentuk leher kalian serta memperlambat proses penuaan kulit.

5. Mencegah Penyakit Paru-Paru

Biasanya kalian akan bernafas 20 kali per menit, namun dengan berciuman akan meningkat hingga 60 kali per menit. Hal ini baik untuk paru-paru karena itu mengarahkan pada paparan udara yang lebih besar. Akibatnya ini akan membuat paru-paru lebih sehat dan kuat, serta peluang mendapatkan penyakit paru-paru pun menurun.

3 dari 3 halaman

6. Mengurangi Tekanan Darah

Selain paru-paru, berciuman baik untuk jantung loh. Berciuman dapat mengatur detak jantung dan mengurangi kadar kolestrol serta melebarkan pembulu darah yang akan menurunkan tekanan darah.

7. Mengurangi Kram dan Sakit Kepala

Jika kalian merasakan sakit kram akibat menstruasi atau sakit kepala, nampaknya kalian bisa mencoba untuk berciuman agar mengurangi rasa sakit tersebut.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berciuman dapat membuat kalian lebih cepat berbagi bakteri, namun kalian tidak perlu takut ini adalah proses untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kalian bertukar bakteri dalam saliva, kalian akan mengembangkan antibodi yang melawan berbagai infeksi sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Mencegah Gigi Berlubang

Saat berciuman, kalian mengeluarkan lebih banyak air liur di mulut dan air liur ekstra ini menetralkan asam, menghilangkan partikel makanan dan membersihkan bakteri pada gigi.

Reporter

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.