Sukses

Bisa Berakibat Fatal, Jangan Pernah Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

BMulai sekarang jangan biasakan menahan buang air kecil terlalu lama ya ladies.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kalian, baik pria maupun wanita tentu pernah menahan untuk menahan buang air kecil. Hal ini biasanya dilakukan jika kita sedang dalam perjalanan atau sedang dalam kondisi tertentu.

Tak banyak yang menyadari, menahan buang air kecil merupakan tindakan yang berbahaya. Terlebih lagi bagi kaum wanita, menahan buang air kecil atau kencing dalam waktu yang lama bisa berakibat serius.

Dikutip dari Merdeka.com, melalui Redbook, Lauren Streicher, M.D. mengungkapkan bahwa ada jangka waktu tepat bagi seseorang untuk buang air.

"Seseorang seharusnya buang air kecil setiap empat hingga enam jam. Jika kamu terbiasa menahan kencing terlalu lama, maka akan ada dampaknya," jelas Streicher.

Pertama yang akan terjadi kalian jelas akan kelepasan mengeluarkannya. "Ketika kandung kemih kamu semakin penuh, maka semakin besar peluang kamu tak dapat ke kamar mandi secara tepat waktu," ujar Streicher.

Dampak selanjutnya yang cukup fatal, otot panggul dapat melemah dan berujung kehilangan kontrol pada fungsi kandung kemih."Otot panggul berperan dalam mengatur serta membantu baik dalam mengeluarkan kencing atau menahannya. Namun jika kamu terus menerus menahan kencing, akibatnya kamu bakal mengalami disfungsi pada otot panggul-mu," sambungnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat fatal

Tak cukup sampai di situ, ketika menahan kencing terlalu lama maka akan muncul rasa sakit dan bahkan jika terus menerus terjadi maka rasa ini dapat berlanjut pada perut bagian bawah.

"Jika rasa sakit ini sudah mulai muncul pada perut bagian bawah, rasa sakit ini tidak akan mudah menghilang. Otot kamu bakal menggertak dan bahkan hampur kejang sehingga mereka tidak bisa menjadi santai," jelas Streicher.

Terakhir, jika kalian masih terus menahan kencing kandung kemih akan menjadi renggang. Jika hal ini terjadi, maka tubuh mulai kehilangan petunjuk kapan kandung kemih harus dikosongkan sehingga dapat berakibat pada seringnya kelepasan buang air.

Meski begitu, kalian tak harus langsung buang air saat merasa kebelet. Yang terpenting, jangan sampai kamu menahannya hingga tak nyaman. Nah, jika kalian sudah merasa tak nyaman itu berarti kalian sudah menahannya terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.