Sukses

7 Alasan yang Membuat Anak Tengah Itu Terbaik

Anak kedua justru punya banyak sifat dan kelebihan dibanding saudara-saudaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Anak sulung tentu akan sangat dominan dibandingkan anak tengah dan anak bungsu. Biasanya anak sulung sangat difavoritkan, sedangkan anak bungsu paling dimanja. Namun ternyata, anak tengah punya kelebihan lain yang tak dimiliki kakak dan adiknya.

Psikolog Catherine Salmon dari Universitas Redlands di California telah mempelajari sifat-sifat anak kedua selama dua puluh tahun. Anak kedua justru punya banyak sifat dan kelebihan dibanding saudara-saudaranya. 

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya anak tengah adalah anak yang punya kepribadian paling baik? Ini alasan yang mendukung pernyataan tersebut.

1. Punya pemikiran fleksibel

Sebagai anak tengah, seringkali kamu harus mengalah dan lebih toleran, baik terhadap kakak maupun adikmu. Kamu jadi mengenal lebih banyak karakter, dan dari sinilah kamu juga mengembangkan pemikiran terbuka dan fleksibel, menerima apa yang kamu hadapi.

2. Karena kurang perhatian, kamu jadi lebih tangguh

Jadi anak tengah mungkin menyebalkan karena seringkali orangtua lebih mencurahkan perhatian pada kakak atau adikmu. Tapi justru kurangnya perhatian inilah yang kemudian membentuk karaktermu lebih kuat dan tahan banting. Kamu bukan tipe manja seperti adikmu atau haus pujian seperti kakakmu.

3. Tidak pernah merasa kesepian

Karena merasa kesepian bisa membuatmu tak bahagia, kamu tak perlu merasa kesepian jadi anak tengah, karena kamu punya banyak saudara. Kakakmu bisa jadi tempat bertanya ini itu, dan ketika dia menikah dan pindah dari rumah, kamu masih punya adikmu saat di rumah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jadi yang paling nakal atau paling kalem

Tergantung setiap orang bagaimana menghadapi takdir sebagai anak tengah. Ada beberapa orang yang jadi super bandel karena kurang perhatian, atau justru berkembang jadi anak paling tenang dan kalem. Keduanya punya tujuan sama, ingin menonjolkan karakter.

5. Peran Penengah

Uniknya, ketika ada pertengkaran antara adik dan kakak, sesuai urutan lahirnya, anak tengah seringkali jadi penengah. Kamu berada di sisi netral, tidak memihak dan tidak suka jika pertengkaran terus berlangsung. Karena kamu sadar, harus ada sisi netral di antara dua kutub.

6. Tahu betul bagaimana jadi kakak dan adik sekaligus

Kamu tahu bagaimana jadi kakak yang pengertian bagi adikmu, sekaligus bagaimana jadi adik yang baik buat kakakmu. Kamu tidak mengedepankan egomu seperti anak sulung atau anak bungsu.

7. Lebih sabar dan mudah beradaptasi

Menjadi anak tengah tentu bukan hal mudah. Di saat sikap kakakmu mendominasi dan adikmu ingin menang sendiri, tentu kamu belajar menjadi individu yang ekstra sabar. Kondisi tersebut juga membuatmu mudah beradaptasi dalam berbagai situasi.

Reporter:

Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.