Sukses

Jangan Diabaikan, 10 Kondisi pada Tangan Pertanda Tubuhmu Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta - Tangan sebenarnya dapat mengungkapkan banyak hal bukan hanya tentang kepribadian Anda, tapi juga tentang kesehatan Anda.

Berikut beberapa hal yang terjadi pada tangan Anda yang menunjukkan tanda kesehatan tertentu seperti dilansir dari Shared.com.

1. Telapak tangan berkeringat

Telapak tangan yang terus berkeringat sudah tentu cukup mengganggu, tapi tahukah Anda bahwa itu juga bisa menjadi indikasi masalah medis? Memiliki telapak tangan yang terus berkeringat adalah gejala umum dari tiroid yang terlalu aktif, karena metabolisme Anda berjalan terlalu cepat, dan terlalu sibuk membakar kalori.

Ini juga dapat disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Yang jelas dapat menyebabkan sejumlah besar masalah medis yang bervariasi dalam tingkat keparahannya.

2. Kuku memutih

Jika buku-buku kuku Anda tampak putih atau lebih terang daripada warna kulit, ini dapat menjadi indikasi bahwa tubuh Anda tidak menghasilkan cukup sel darah merah. Ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, tubuh tak dapat mengoksigenasi darah dengan baik yang menyebabkan anemia.

3. Kuku rapuh

Jika kuku Anda begitu rapuh, ini menandakan Anda kekurangan kalsium. Periksalah ke dokter dan jika memang demikian, Anda harus menambahkan beberapa makanan atau suplemen kaya kalsium ke dalam makanan Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 4 halaman

4. Kuku berkerut

Jika Anda menemukan di kuku Anda terdapat sedikit tonjolan yang membuatnya terlihat seperti berkerut, ini pertanda Anda tidak mendapatkan cukup protein. Tapi tonjolan di kuku juga umum terdapat pada orang yang baru sembuh dari penyakit serius.

5. Garis hitam di kuku

Jika Anda memiliki sesuatu seperti garis penanda hitam di bawah kuku dan Anda tahu itu bukan memar, itu bisa menjadi tanda melanoma. Ini merupakan penyakit yang serius dan perlu dirawat sesegera mungkin.

6. Genggaman yang kuat

Tahukah Anda bahwa orang-orang yang memiliki jabatan tangan yang kuat merupakan pertanda jantungnya sehat? Jabat tangan yang kuat sering dikaitkan dengan jantung yang kuat karena itu berarti sirkulasi Anda bekerja cukup baik untuk memberikan kekuatan ke jari-jari.

Ini juga terkait dengan memori yang lebih baik dan keterampilan pemecahan masalah yang lebih cepat.

 

3 dari 4 halaman

7. Jemari bersayap

Jika Anda mulai memperhatikan bahwa ujung jari-jari mulai tumbuh lebar, itu harus diperiksa oleh dokter. Karena itu sering dikaitkan dengan penyakit paru-paru yang menandakan kurangnya oksigen dalam darah. Ini umum terjadi pada mereka yang menderita kanker paru-paru dan cystic fibrosis.

8. Bercak merah di telapak tangan

Ini terkait dengan palmar erthema yang memengaruhi hati. Tanda-tanda ini muncul karena hati Anda meradang yang meningkatkan hormon tertenu dalam tubuh, dan melebarkan darah di ekstremitas Anda.

 

4 dari 4 halaman

9. Jari-jari sosis

Jika jari Anda terlihat bengkak, itu bisa disebabkan oleh kelebihan garam dalam tubuh. Ini juga bisa disebabkan oleh radang sendi. Jika ini terjadi terus menerus, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

10. Tumpukan lemak di atas ruas-ruas jari

Jika Anda pernah menemukan bahwa buku-buku jari Anda terlihat seperti bengkak atau ada benjolan keras berwarna kuning, Anda harus mencari bantuan medis. Ini disebabkan oleh hiperkolesterolemia familia yang menandakan kadar kolestrol yang tinggi.

Loading