Sukses

7 Makanan Super untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba. Air kerap kali mengguyur dari langit tanpa bisa diprediksi. Musim pancaroba seperti ini bakteri pun jadi lebih mudah berkembang biak.

Selain istirahat yang cukup, penting untuk kita mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa makanan berikut merupakan makanan super yang dapat menjaga daya tahan tubuh karena kandungannya. Dilansir dari Healthline, ini dia.

1. Bawang merah dan bawang putih

Kedua jenis bawang ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal sejumlah virus dan bakteri. Konsumsi bawang merah dan bawang putih mampu mencegah infeksi sehingga menurunkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit kanker.

Bawang putih terutama, punya kandungan allicin yang ampuh mencegah berbagai penyakit. Khasiatnya paling tinggi bila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

2. Teh hiijau

Teh hijau unggul karena mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi. Ini merupakan kandungan antioksidan yang tebukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang dapat membantu produksi senyawa antikuman dalam sel T manusia. Kandungan polifenol, flavonoid, dan katekin di dalamnya juga terbukti mampu membantu melawan radikan bebas yang merusak sel.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 3 halaman

3. Yogurt

Probiotik, kultur bakteri sehat yang terdapat di dalam yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Bakteri lactobacillus reuteri di dalam yogurt terbukti dapat menstimulai sel darah putih.

Lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi yogurt yang diperkaya vitamin D. Sebab, kadar vitamin D yang rendah ditengarai berkaitan dengan peningkatan risiko pilek dan flu.

4. Jahe

Rimpang yang satu ini berguna untuk pencernaan, mencegah inflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe juga membantu meluruhkan racun di organ dalam yang membuat tubuh rentan terhadap infeksi.

 

3 dari 3 halaman

5. Pepaya

Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah pepaya saja mengandung 224 persen jumlah vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi tiap hari.

Pepaya juga mengandung enzim pencernaan papain yang punya efek antiinflamasi. Pepaya juga memiliki sejumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup. Semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

6. Ubi ungu

Umbi-umbian seperti ubi ungu mengandung antosianin yang tinggi dan baik untuk dimakan saat sakit. Ini dikarenakan umbi-umbian memiliki efek antiinflamasi, antiviral, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Kerang

Meski tidak merupakan jenis makanan yang biasa direkomendasikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kerang sesungguhnya kaya akan seng yang diperlukan untuk sel-sel tubuh.

Meski begitu, Anda sebaiknya tak mengonsumsi kerang melebihi jumlah yang disarankan. Ini karena terlalu banyak seng juga dapat menghambat fungsi kekebalan.

Reporter : Tantri Setyorini

Sumber: Merdeka.com