Sukses

Tak Keluar Banyak Uang, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Basmi Jerawat Batu

Liputan6.com, Jakarta - Punya wajah berjerawat memang sangat menganggu penampilan. Apalagi kalau jenisnya adalah jerawat batu. Tidak hanya sulit dihilangkan, jerawat membandel satu ini juga sering membuat masalah pada kulit wajah.

Tidak hanya menyebabkan rasa sakit, wajah juga jauh menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami kemerahan. Untuk mengatasi jerawat batu memang ada beragam cara, tapi sejumlah cara ini bisa dibilang alami dan tidak butuh banyak mengeluarkan uang.

Dirangkum oleh Vemale, berikut lima bahan alami untuk hilangkan jerawat batu yang membandel dan sulit dihilangkan.

1. Kunyit

Kunyit atau Curcuma Longa merupakan salah satu jenis rempah atau bumbu dapur yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya dalam mengatasi jerawat batu. Menurut Journal of American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam sifat anti-oksidan, anti bakteri, anti jamur, dan anti inflamasi.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu hanya tinggal mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen. Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan minyak wijen tersebut ke seluruh bagian yang berjerawat.

Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2 dari 5 halaman

2. Madu

Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, madu juga menjadi bahan alami yang mampu mengatasi jerawat batu. Banyak yang sudah membuktikan kalau madu memiliki efek anti bakteri dan anti jerawat yang dapat meredakan kemerahan atau peradangan pada jerawat. Seperti yang telah disebutkan, faktor utama penyebab jerawat batu adalah karena tersumbatnya pori-pori akibat terlalu banyak produksi sebum.

Madu sendiri diketahui dapat membantu menyerap minyak di wajah serta menekan pertumbuhan bakteri yang tersumbat pada pori-pori. Jika ingin mengatasi jerawat batu dengan menggunakan madu, kamu hanya perlu mengoleskan madu murni pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

3 dari 5 halaman

3. Lemon

Selama ini, lemon sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya. Seperti yang telah diketahui, kandungan vitamin C mengandung anti bakteri yang dapat membantu membersihkan, mengangkat sel kulit mati, serta membantu menyamarkan bekas jerawat. Di balik manfaatnya, buah lemon juga tinggi akan kandungan atsiri yang tak jarang memicu kulit jadi kering.

Untuk meminimalisir efek samping tersebut, kamu bisa mencampurkan lemon dengan madu atau air mawar sebelum diaplikasikan ke wajah. Potong lemon menjadi dua bagian, peras sehingga air perasan lemon keluar, kemudian tambahkan madu atau air mawar secukupnya.

Gunakan kapas atau cotton buds untuk mengoleskannya di bagian yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya gunakan lemon hanya untuk mencerahkan noda bekas jerawat, bukan untuk mengeringkan jerawat yang meradang.

4 dari 5 halaman

4. Putih Telur

Selain kaya akan protein yang bermanfaat untuk kesehatan, telur juga sudah dikenal memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Putih telur sangat bermanfaat untuk berbagai permasalahan kulit seperti komedo, flek hitam dan juga tentunya jerawat batu.

Kandungan lysozyme pada putih telur berfungsi sebagai enzim yang membantu menghilangkan bakteri, mengurangi minyak di wajah dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori pada kulit wajah.

Pisahkan kuning telur dan putih telur, kemudian oleskan putih telur di wajah. Tidak hanya dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat saja, putih telur juga dapat dioleskan ke seluruh permukaan wajah.

Diamkan beberapa saat sampai mengering, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Setelah putih telur sudah benar-benar terangkat, bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori sekaligus mencegah bakteri penyebab jerawat datang lagi.

5 dari 5 halaman

5. Kentang

Bahan alami yang terakhir yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi jerawat batu adalah kentang. Kentang kaya akan vitamin seperti vitamin A, C B1, B2, dan B6 serta mineral lainnya yang bagus untuk kulit. Kandungan serat dalam kentang bisa menghilangkan semua bakteri dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Vitamin A dan C pada kentang bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Vitamin B1, B2, dan B6 di kentang dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Kupas, potong kemudian haluskan kentang dengan blender.

Oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Reporter:

Evelyn Ochi

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Bikin Pria Risih Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
Kenali, 5 Ciri Anda Bosan dengan Kehidupan Seksual