Sukses

Hentikan Kebiasaan Keramas Tiap Hari, Ini Alasannya

Apakah sebenarnya perlu keramas tiap hari? Ketahui jawabannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas keramas memang menjadi salah satu kebutuhan setiap manusia. Namun, yang membedakan satu orang dengan lainnya adalah kuantitas kebutuhan keramas. Ada yang memiliki tipe rambut kering dan ada yang berminyak.

Oleh karena itu, sebenarnya berapa kali seseorang keramas ditentukan dari tipe rambut orang dan juga jumlah minyak alami yang dikeluarkan pada kulit kepala. Jadi, jika ada yang berkata Anda harus sering keramas, sebenarnya tidak tentu benar karena memang tergantung kebutuhan masing-masing.

Secara alami rambut manusia mensekresi sebum yakni minyak alami. Oleh karena itu, sampo memainkan peran sebagai pengemulsi untuk mengangkat minyak, kotoran dan residu lainnya pada kulit kepala dan rambut.

Setiap orang memiliki tipe rambut berbeda. Untuk Anda dengan kulit kepala berminyak, disarankan untuk berkeramas dua hari sekali sehingga rambut tidak lepek. Jika Anda memperhatikan ada ketombe pada bahu, maka Anda harus lebih sering berkeramas.

Sedangkan, orang dengan tipe rambut medium, yakni dengan tingkat berminyak normal, dapat bertahan beberapa hari tanpa berkeramas. Malah jika Anda dengan rambut tipe medium keseringan keramas, rambutnya akan kering dan seperti tidak hidup. Minyak alami yang diproduksi berperan sebagai pelembab rambut alami dan pelindung kulit kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan tidak keramas tiap hari

Alasan kenapa Anda seharusnya tidak keramas tiap hari, karena sampo menyingkirkan minyak dari kulit kepala dan rambut. Maka jika terlalu sering keramas, minyak yang sebenarnya diperlukan oleh rambut akan terangkat sehingga mengakibatkan rambut kering dan rentan terhadap kerusakan.

Sampo juga mengandung bahan kimia seperti sodium lauryl sulfate (SFS) dan disrupter diethyl phthalate (DEP) yang bertanggung jawab dengan kerusakan rambut atau iritasi kulit jika sering berkontak dengan rambut dan kulit kepala.

Orang yang perlu keramas setiap hari hanya yang sering berkeringat termasuk olahragawan dan juga orang yang tinggal di wilayah lembab. Menurut ahli perawat rambut, Anda hanya perlu keramas pada hari ke-3 dan menggunakan conditioner tiap hari. Penggunaan alat penata rambut atau gel juga sebisanya dihindari untuk mempertahankan rambut sehat.

Agar tidak tampak berminyak, Anda dapat menggunakan boar bristle brush tiap malamnya untuk mendistribusi sebum dengan rata. Selain itu, sisir khusus itu dapat mempercepat proses penumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Dry shampoo juga dapat digunakan jika Anda merasa rambut Anda sedikit berminyak.

Reporter:

Citra Luna Martha

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.