Sukses

Pecahkan Rekor, Gasing Ajaib Berputar 27 Jam Tanpa Henti

Gasing bernama Limbo berputar tanpa henti selama 27 jam, 9 menit, 24 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Gasing mainan Fearless Toys baru-baru ini memecahkan rekor dunia. Gasing yang diberi nama Limbo tersebut memecahkan rekor sebagai gasing mekanik paling lama berputar di dunia.

Limbo berputar tanpa henti selama 27 jam, 9 menit, 24 detik. Itu membuatnya tercatat di World Guinness Books of Records. Meski tampak seperti mainan biasa, Limbo dibuat dengan mekanisme berteknologi tinggi yang membuatnya mampu berputar selama berjam-jam.

Limbo dibuat dari logam yang memiliki penggerak asimetris khusus, sensor gerak yang canggih, baterai yang dapat diisi ulang, dan sebuah chip yang secara konstan dapat memonitor stabilitas putarannya. Chip tersebut bertugas mengoreksi gerakan tiap detik agar Limbo tetap berputar. Tak hanya itu, Limbo juga dapat mempelajari permukaan tempat ia berputar dan beradaptasi dengannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Kami telah mencoba memutarnya di atas tomat. Awalnya terlihat bingung, namun dalam beberapa detik ia bisa beradaptasi dan berputar seperti biasa," ungkap Tom Ben-Yehuda, chief technology officer di Fearless Toys, Ltd seperti dilansir dari OddityCentral.

Menciptakan Limbo yang hanya memiliki berat 16 gram dan hanya perlu ruang kurang dari 3 cm kubik adalah tantangan tersendiri. Menariknya, gasing canggih ini nantinya akan dipasarkan secara luas.

Fearless Toys kini tengah mencari pendonor di Kickstarter. Dana yang telah terkumpul yakni US$ 180 ribu. Sementara target yang ingin dicapai adalah US$ 40 ribu.

Penulis: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.