Sukses

Ingin Tampil Lebih Keren, Ini Cara Mudah Memasang Dasi dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta - Memakai dasi menjadi sebuah perhatian tersendiri bagi kaum pria terutama ketika ingin mengunakannya ke acara formal. Pengaplikasian cara memasang dasi yang benar, kita bisa tampil dengan kesan formal dan rapi.

Dasi sendiri ada bermacam-macam jenis. Ini dibuat sesuai dengan kebutuhan terhadap berbagai acara yang Anda hadiri, atau berdasar kecocokan dasi dengan kepribadian Anda. Tentu ini membuat ada beberapa cara memasang dasi yang tepat bagi Anda.

Beberapa dasi yang paling populer dan paling sering digunakan adalah dasi panjang, yang juga terdiri dari beberapa jenis terpopuler, yakni apron necktie (yang sering kita temui keseharian), serta skinny ties yang hampir sama dengan apron necktie namun lebih ramping.

Selain dasi panjang, juga terdapat bow tie yang merupakan dasi kupu-kupu, ascot tie yang mempergunakan sapu tangan, hingga bolo tie yang menggunakan tali dan pin.

Mari kita masuk ke bagaimana cara memasang dasi yang benar dan praktis, berdasarkan berbagai jenis dasinya.

Cara memasang dasi segitiga yang benar untuk pria

Sebenarnya, ada belasan cara memasang dasi berdasarkan gaya yang ingin dihasilkan. Namun cara dasi segitiga atau biasa disebut dasi panjang yang paling mudah, bisa didapat dengan satu cara yakni dengan simpul oriental. Cara memasang dasi dengan simpul oriental ini berisi langkah yang paling sedikit serta paling mudah dipelajari.

Cara memasang dasi dengan simpul oriental ini memang tidak seberapa populer di dunia Barat, karena cara membuka simpulnya tak semudah cara memasang dasi, dan membuat simpul ini tak langsung lepas hanya dengan sekali tarik.

Meski demikian, dasi tebal atau Anda dengan postur tubuh tinggi yang butuh dasi cukup panjang, akan sangat cocok dengan cara memasang dasi dengan simpul oriental ini. Oh ya, jika Anda suka cara simpel, sederhana, dan mudah, cara memasang dasi jenis ini pun paling cocok jadi pilihan Anda.

2 dari 5 halaman

Cara memasang dasi segitiga yang benar dengan simpul oriental

1. Pertama-tama, letakkan dasi di leher Anda dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam). Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar Anda, atau sesuaikan dengan panjang yang Anda inginkan.

2. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X

3. Bawa ujung lebar dasi ke kanan

4. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah

5. Masukkan dasi melalui lingkaran simpul, dan Anda telah membuat bagian depan dasi

6. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang Anda inginkan

Video cara memasang dasi segitiga yang benar

Berikut terdapat video dari Ties.com soal cara memasang dasi segitiga yang benar agar Anda lebih mudah mempelajari dengan lebih baik.

3 dari 5 halaman

Cara memasang dasi kupu-kupu

Dasi kupu-kupu merupakan salah satu alternatif dasi segitiga atau dasi panjang, yang kerap digunakan di acara formal. Dasi kupu-kupu ini cukup populer di Amerika Serikat, yang seringkali dipadukan dengan setelan jas dengan material yang berpola unik. Berikut cara memasang dasi kupu-kupu:

1. Siapkan dasi kupu-kupu Anda, baringkan dasi kupu-kupu menghadap ke atas. Sesuaikan dasi kupu-kupu sehingga sisi kanan lebih pendek dari sisi kiri. Sisi kiri (sisi panjang) akan disebut A, sisi kanan (sisi pendek) akan disebut B

2. Pindahkan sisi A ke kanan, hingga membentuk huruf X dengan sisi B

3. Bawa sisi A ke bawah B dan naik melalui simpul dasi

4. Lipat sisi B ke kanan kemudian ke arah kiri untuk membentuk busur

5. Bawa sisi A ke bawah, di atas lipatan sisi B

6. Lipat sisi A ke arah dada, lalu lipat lagi ke arah luar sehingga ada dua lipatan

7. Masukkan dua lipatan tersebut ke simpul yang telah dibentuk oleh sisi B

8. Tarik bagian yang terlipat untuk mengencangkan

9. Sesuaikan dengan menarik simpul hingga seimbang di kedua sisi

Untuk lebih jelasnya, simak gambar cara memasang dasi di bawah ini. Gambar petunjuk ini lengkap dengan nomor yang sesuai dengan petunjuk di atas.

4 dari 5 halaman

Cara memasang dasi sekolah untuk pelajar SD dan SMP

Dasi untuk para pelajar SD, SMP, maupun SMA, seringkali memiliki konfigurasi yang sama dengan dasi segitiga ataupun dasi panjang. Sehingga cara memasang dasi untuk para pelajar, kurang lebih sama dengan cara memasang dasi segitiga.

Perbedaannya, biasanya terdapat kainvelcro atau kancing untuk mempermudah pemakaian, sehingga para pelajar tak perlu repot-repot melakukan pemasangan dasi di setiap harinya. Adapun cara memasang dasi untuk pelajar, Anda bisa menyimak poin soal memasang dasi segitiga di bagian atas artikel ini.

Namun berbeda dengan dasi sekolah, para pelajar yang juga memiliki seragam pramuka, memiliki dasi pramuka yang memiliki cara memasang dasi yang berbeda. Cara memasang dasi Pramuka pada dasarnya cukup mudah dan sederhana.

Dasi Pramuka, atau biasa disebut hasduk atau setangan leher, memiliki bentuk segitiga berwarna merah putih (warna merah berada di sisi luar, dan warna putih berada di dalam).

Hasduk atau setangan leher ini dulu digunakan oleh pelajar Pramuka putra, sedangkan Pramuka putri menggunakan pita memanjang dengan warna merah putih di bagian kanan dan kirinya. Meski demikian, kini Pramuka putra dan putri menggunakan jenis dasi yang sama yakni hasduk.

 

5 dari 5 halaman

Cara memasang dasi Pramuka (hasduk) untuk putra dan putri

1. Siapkan hasduk atau setangan leher yang berbentuk segitiga, lalu letakkan di meja atau bidang datar lain

2. Lipat bagian bawah (bagian datar) sebesar 6 centimeter hingga 8 centimeter, lalu teruskan lipatan tersebut hingga akan mencapai pucuk segitiga

3. Sisakan sekitar 15 centimeter bagian segitiga dari hasduk, lalu akhiri dengan melipat bagian terakhir lipatan menjadi lebih kecil lalu lipat keseluruhan hasduk menjadi dua dan membentuk dasi

4. Pakai hasduk di bawah kerah kemeja Pramuka, lalu rapatkan gunakan kolong rotan atau lambang pramuka sesuai tingkatan Pramuka Anda untuk sentuhan akhir.

Demikianlah penjelasan dan contoh berbagai cara memasang dasi yang benar dan mudah untuk segala kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Cara Memutihkan Wajah Pria Secara Alami Dalam Waktu Paling Singkat