Sukses

5 Tradisi Ekstrem di Dunia yang Bikin Merinding, Indonesia Juga Ada

Sejumlah negara ini mempunyai tradisi yang dianggap mengerikan bagi orang lain. Bahkan salah satu di antaranya ada yang dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara pasti punya tradisi dan kebiasaan yang unik. Keunikan tersebut biasanya kerap dijadikan ciri khas budaya. Sehingga orang-orang di luar negeri dapat mengidentifikasi bangsa lain melalui ciri khas tradisi dan budaya tersebut.

Meskipun setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda, namun ada sejumlah negara yang memiliki tradisi yang mengundang rasa ngeri. Entah karena ritualnya ataupun bahaya yang kerap dialami oleh masyarakatnya.

Melansir Wonderlist, berikut ini merupakan lima ritual dan tradisi yang bikin merinding banyak orang dari berbagai belahan di dunia.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tradisi menari dengan orang mati

Famadihana adalah festival tradisional yang dirayakan di Madagaskar. Tradisi penguburan ini dilakukan dengan cara mengambil tulang nenek moyang dari tanah kubur, lalu tulang tersebut dibungkus dengan kain yang baru. Kemudian mereka menari dengan mayat di sekitar makam.

Di Madagaskar ritual ini dilakukan setiap tujuh tahun sekali, untuk menyatukan keluarga besar dalam perayaan kekeluargaan.

3 dari 6 halaman

2. Ritual berdarah muslim Syiah saat rayakan Asyura

Sejumlah muslim Syiah mencambuk dirinya sendiri dengan pisau berantai selama memperingati Hari Asyura. Mereka menganggap aksi melukai diri ini sebagai ibadah mulia untuk mengenang kematian cucu dari Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali dalam pertempuran Karbala pada 61 H.

Tradisi ini dipraktikkan oleh semua kelompok umur, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ritual ini juga dilakukan oleh rakyat Iran, Bahrain, India, Lebanon, Irak dan Pakistan.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Ritual potong jari Suku Dani

Suku asli Lembah Baliem, Papua Barat ini punya tradisi unik sekaligus menyakitkan. Anggota suku terutama wanita akan memotong satu ruas jarinya jika ada satu keluarganya yang meninggal. Jari yang dipotong melambangkan kesedihan mereka saat orang yang disayangi pergi.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Festival Hindu Thaipusam

Umat Hindu merayakan Festival Pierpings Hindu Thaipusam selama perayaan hari raya keagamaan Thaipusam. Mereka melakukan ritual ini untuk menyatakan pengabdian kepada Tuhan mereka. Ritual ini dilakukan dengan menusuk beberapa bagian tubuh mereka, termasuk lidah.

Ritual ini dilakukan oleh Suku Tamil, berbagai pernak-pernak menyakitkan menghiasi tubuh mereka selama perayaan berlangsung.

6 dari 6 halaman

5. Tradisi melempar bayi di India

Ritual aneh ini sudah dilaksanakan sejak 500 tahun yang lalu. Bayi yang baru berusia beberapa bulan akan dilempar dari atas Kuil Sri Santeswar.

Tujuan ritual yang berlangsung pada minggu pertama Desember untuk mendatangkan kesehatan, kemakmuran, dan keberuntungan bagi si bayi. Tiap tahun ada lebih dari 200 bayi dilempar dari ketinggian 50 kaki.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.