Sukses

Menyeramkan, 5 Sungai Ini Dianggap Berbahaya bagi Manusia

Meskipun sungai punya banyak peranan pada kehidupan manusia. Tapi lima sungai ini justru dianggap paling ngeri.

Liputan6.com, Jakarta Sungai punya berbagai manfaat dalam kehidupan banyak orang di belahan dunia. Selain sebagai sumber air minum yang kerap kita konsumsi, sungai juga bisa menjadi tempat transportasi seperti halnya sebuah jalan. Meskipun sungai memiliki banyak fungsi, tak sedikit sungai lainya bisa berbahaya bagi manusia.

Hal itu dikarenakan sejumlah sungai lainnya memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Kebanyakan sungai yang dianggap berbahaya biasanya kerap menelan korban meliputi  hewan buas di dalam airnya serta memiliki arus yang sangat kencang.

Apa saja kira-kira sungai yang dianggap berbahaya dan mematikan? Yuk kita simak derertan lima sungai yang dianggap dapat mengancam nyawa melansir laman Listamaze.

1. Sungai Nil

 

(Foto:  listamaze.com)

Sungai Nil merupakan satu dari dua sungai terpanjang di bumi. Jangan harap bisa berenang di sungai ini karena di dalamnya terdapat banyak buaya.

Selain itu, hewan-hewan di sekitarnya pun dikenal sangat berbisa dan beracun. Ada beberapa bagian sungai di mana arusnya cenderung sangat kuat. Perenang terbaik pun tak dapat melawan arus dari sungai yang terletak di Afrika ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sungai Mississippi

Terletak di Amerika Serikat, sungai ini merupakan terpanjang kedua di dunia. Sungai Mississippi dikenal berkontribusi besar terhadap drainase di negara tersebut.

Oleh karena itu, di balik airnya yang tenang, ternyata sungai ini memiliki arus bawah yang sangat kuat. Selain itu, polusi air di Sungai Mississippi ini juga berbahaya bagi tubuh manusia.

3. Sungai Niger

(Foto: listamaze.com)

Sungai terpanjang ketiga di Afrika ini bisa menyebabkan banjir yang benar-benar mengerikan. Sungai Niger pernah menyapu 20.000 warga Afrika Barat serta 30.000 hewan akibat banjir tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Sungai Kongo

Sungai Kongo juga dikenal sebagai 'Jantung Kegelapan' yang ada di Afrika. Daerah hutan sekitar dan di dalam sungai terdapat hewan buas dan berbisa seperti ular dan buaya.

Selain itu, aliran sungai yang membentuk labirin membuat orang yang nekat memasuki sungai akan terbawa arus acak, sehingga tak dapat diketahui ke arah mana aliran tersebut menuju.

5. Sungai Amazon.

 

(Foto: listamaze.com)

Siapa yang tidak tahu Sungai Amazon?  Sungai ini terkenal paling berbahaya di dunia. Terletak di Amerika Selatan, sungai ini dipenuhi hewan-hewan air yang belum teridentifikasi.

Hewan yang dianggap paling berbahaya di sungai Amazon, yakni ikan piranha yang siap menggerogoti tubuh siapa saja yang masuk ke dalam air.

Reporter

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.