Sukses

Kurang Populer, 4 Jurusan Ini Padahal Berpeluang Kerja Menjanjikan

Liputan6.com, Jakarta - Saat memasuki dunia perkuliahan, semua calon mahasiswa pasti mempertimbangkan secara matang jurusan apa yang akan diambil dan prospek kedepannya berkaitan dengan pekerjaan dan gaji yang akan diterima. Tak heran jika jurusan seperti kedokteran, ekonomi, serta hubungan internasional dianggap sebagai jurusan yang menjamin masa depan para mahasiswanya.

Ternyata, ada lo beberapa jurusan yang kurang populer di kalangan mahasiswa namun memiliki prospek masa depan yang cukup menjanjikan. Apa saja?

1. Ilmu Astronomi

Ilmu Astronomi merupakan jurusan yang mempelajari benda-benda langit, struktur, sifat fisik, serta evolusi alam semesta. Di Indonesia hanya ada satu perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini yaitu ITB (Institut Teknologi Bandung), bahkan satu-satunya di Asia Tenggara.

Profesi yang menjanjikan ketika kamu mengambil jurusan ini adalah peneliti (astronom) dan sains komunikator. Jika kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi seorang astronot.

2. Ilmu Perpustakaan

Jika kamu berpikir bahwa lulusan dari jurusan ilmu perpustakaan hanya akan menjadi penjaga perpustakaan, kamu salah besar. Nyatanya, jurusan ini mempelajari keahlian dibidang teknologi informasi, manajemen, serta keahlian untuk mengumpulkan, merapikan, serta menyimpan data, yang membutuhkan daya analisa tinggi.

Selain menjadi pustakawan, lulusan ini juga bisa bekerja dibidang teknologi informasi, kauangan, serta analis data.

1 dari 2 halaman

3. Ilmu Arkeologi

Jurusan ini banyak belajar tentang sejarah, serta meneliti sumber-sumber premier peradaban kuno. Mayoritas lulusan dari jurusan arkeologi bekerja sebagai arkeolog. Namun, banyak juga yang memanfaatkan pengetahuan sejarah dan kemampuan analis mereka untuk bekerja di perusahaan akademis, seperti museum, kurator, atau arsiparis.

4. Ilmu Kehutanan

Jangan mengira lulusan ilmu kehutanan akan bekerja sebagai penjaga hutan. Karena lulusan manajemen hutan dapat bekerja dibidang pemetaan hutan, hutan tanaman industri, serta biro konsultan kehutanan yang berpenghasilan cukup tinggi. Bahkan Presiden Jokowi, juga merupakan lulusan Fakultas Kehutanan UGM Jogja.

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Bukan Pakai Blush On, Orang Pegunungan Punya Pipi Merah karena Ini
Artikel Selanjutnya
Pra MAFI Fest 2018: Film Marketing and Impact Campaign Workshop