Sukses

Mencekam, Detik-Detik Penyelam Diserang Kawanan Hiu di Pantai Durban

Liputan6.com, Jakarta - Hewan liar masih menjadi sebuah ketertarikan tersendiri bagi segelintir orang. Tentu tidak ada yang bisa menebak perilaku hewan di alam liar.

Bahkan, perlu waktu yang cukup lama untuk mengerti sedikit perilaku hewan yang diteliti. Untuk mendekatkan diri dengan hewan liar pun sangat berisiko.

Hal ini terbukti setelah banyak peneliti kehilangan nyawa saat berdekatan dengan hewan liar. Baru-baru ini sebuah kejadian mengerikan dialami seorang penyelam yang hampir menjadi bulan-bulanan kawanan hiu.

Kejadian ini menimpa seorang penyelam profesional bernama Elton Polly. Saat itu, pria berumur 38 tahun itu dan temannya sedang asyik menyelam di lepas pantai Selatan Durban.

2 dari 3 halaman

Diserang Karena Kawanan Hiu Merasa Terusik

Awalnya mereka ingin merekam kawanan hiu srip hitam. Namun, tak beberapa lama mereka merekam hiu tersebut, Polly langsung diserang salah satu kawanan hiu.

Karena serangan tersebut, alat regulator menyelamnya langsung lepas dari kepalanya. Polly mengatakan bahwa serangan tersebut sangat kuat sehingga alat menyelamnya lepas. Untungnya Polly tidak terluka sedikitpun karena hantaman tersebut.

Diakui kejadian tersebut sering dialami para penyelam yang mendokumentasikan hiu di lepas pantai Selatan Durban. Menurut Polly, keberadaan mereka mengancam para kawanan hiu sehingga predator tersebut berusaha menyerang mereka.

 

3 dari 3 halaman

Berusaha Untuk Tetap Tenang

"Kejadian ini terjadi setiap hari di daerah itu. Hiu tersebut terkejut dan berusaha untuk lolos," kata Polly.

Untungnya, Polly dan teman-temannya sudah mengetahui tindakan apa yang dilakukan. Mereka pun berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik. Karena jika panik, mereka akan memancing kemarahan hiu dan akan menjadi santapan.

Dengan kondisi tenang dan mengikuti alur situasinya, Polly mengklaim bahwa itu akan membalik keadaan dan membuat mereka selamat dari serangan hiu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: