Sukses

4 Kebiasaan Orang Indonesia yang Dianggap Aneh oleh Bule

Liputan6.com, Jakarta Sudah sejak lama orang Indonesia dikenal ramah terhadap turis asing yang berkunjung. Selain itu, faktor lain yang membuat turis kangen dengan Indonesia adalah kebiasaan masyarakatnya yang tidak jarang membuat geleng-geleng kepala. Meskipun dianggap wajar oleh warga lokal, ternyata kebiasaan berikut ini dianggap nyeleneh oleh orang bule.

1. Tisu Toilet Dijadikan Tisu Makan

Selain menjajakan kuliner, setiap rumah makan di Indonesia pasti menyediakan tisu makan. Namun tidak jarang, tisu yang digunakan bukanlah yang semestinya melainkan tisu toilet. Hal inilah yang dianggap aneh oleh orang bule, mereka bingung saat mengunjungi rumah makan Indonesia yang menyediakan tisu toilet di meja makan.

1 dari 3 halaman

2. Bepergian dengan Membawa Kardus

Tentu sudah menjadi hal yang biasa jika orang Indonesia bepergian dengan membawa kardus, Terlebih saat memasuki musim mudik. Biasanya orang Indonesia membawa kardus berisi buah tangan saat pulang kampung. Hal ini dianggap nyeleneh oleh orang bule, karena kebiasaan mereka adalah membawa tas carrier, ransel, atau koper saat membawa banyak barang, bukan kardus.

3. Mengenakan Jaket di Siang Bolong

Kondisi lingkugan yang panas membuat orang Indonesia mengenakan jaket saat bepergian keluar rumah. Alasannya tidak lain karena takut hitam. Hal ini dianggap aneh oleh orang bule yang kebanyakan menginginkan kulit sawo matang. Selain itu, mereka juga akan  berpikir apakah orang Indonesia tidak merasa gerah mengenakan jaket saat cuaca panas.

2 dari 3 halaman

4. Satu Motor untuk Rame-rame

Di Eropa, memiliki kendaraan bermotor pribadi sangat sulit dan mahal. Itu sebabnya kita akan sedikit sulit menemukan motor di Eropa. Sedangkan di Indonesia, sepeda motor justru menjadi barang terjangkau dan multi fungsi. Salah satunya untuk mengangkut jumlah orang diluar batas wajar melebihi dua orang. Saat mudik, kita akan mudah menemukan orang Indonesia yang membawa satu keluarga di satu motor.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Peringati Hari Bahasa Ibu Internasional, Warganet Ajak Gunakan Bahasa Daerah
Artikel Selanjutnya
TV Kerajaan Arab Saudi Akan Tambah Siaran Berbahasa Indonesia