Sukses

Kantong Plastik Berisi Air Efektif Usir Lalat, Benarkah ?

Liputan6.com, Jakarta - Kita pasti sering melihat kantong plastik berisi air bersih digantung di warung makan, atau tempat pedagang daging. Para penjual mengklaim bahwa cara tersebut ampuh mengusir lalat yang sering kali hinggap di makanan. Benarkah cara tersebut efektif?

Nyatanya, lalat memiliki struktur mata yang sangat unik. Hewan ini memiliki mata majemuk yang terdapat hampir di seluruh kepalanya, dan tiga mata di antara mata majemuk. Itulah yang membuat lalat memiliki kesadaran sensorik yang sangat baik.

1 dari 3 halaman

Punya Mata Sederhana Mencapai 6000

Lalat memiliki sepasang mata besar kompleks. Setiap mata terdiri dari 3.000-6.000 mata sederhana, yang membuat lalat sangat cekatan saat berada di udara dan sulit ditangkap. Dengan jumlah mata yang kompleks inilah, lalat tidak dapat memusatkan perhatiannya pada sebuah objek tertentu dan justru memiliki pandangan ke segala arah.

Selain itu, lalat memiliki mata tambahan lain yang disebut Ocelli. Terletak di antara dua mata majemuk, ocelli berfungsi sebagai kompas bagi lalat. Dengan mata ini, lalat bisa mengetahui arah terbangnya dan akan bekerja maksimal jika berada di daerah yang diterangi sinar matahari.

2 dari 3 halaman

Plastik Berisi Air emanipulasi Penglihatan Lalat

Ketika kantong plastik berisi air bersih digantung di dekat makanan, air akan membiaskan cahaya. Bayangan makanan yang muncul pada mata lalat akan bergeser dari letak sebenarnya.

Pembiasan ini yang mendasari penggunaan kantong plastik berisi air untuk menjauhkan lalat dari makanan. Mengusir lalat dengan cara ini memang cukup efektif, selain hemat dari segi biaya, juga tidak perlu membunuh lalat.

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Bak Malaikat Penolong, Ini 3 Kisah Heroik Karyawan Restoran Cepat Saji
Artikel Selanjutnya
Polisi Tiongkok Gunakan Kacamata Canggih untuk Lacak Penjahat