Sukses

7 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Liburan

Liputan6.com, Jakarta Kesibukan kita sehari-hari bekerja dapat menjenuhkan. Itulah sebabnya mengapa kita membutuhkan liburan untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres.

Ternyata peneliti banyak menyembutkan sejumlah alasan yang kuat mengapa kita butuh liburan. Tidak hanya melepas penat dari pekerjaan ternyata ada keuntungan kesehatan lainnya yang ditawarkan liburan untuk kesehatan.

Melansir Shared, Jumat (9/2/2018) berikut merupakan sejumlah poin penting mengapa kamu butuh liburan menurut para peneliti.

1. Mengembangkan pikiran

 

Ilustrasi Foto Lamban Berpikir (iStockphoto)

Pikiran dapat bekerja secara efektif ketika kita merasa rileks. Sebuah studi pernah menyebutkan ketika otak mengalami kondisi rileks hal ini dapat meningkatkan fokus dan membuat kita menjadi mudah menangkap sesuatu ketika mempelajari hal baru.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam bekerja atau di rumah, luangkan waktumu untuk liburan sehingga hal ini dapat membuat otakmu menyerap dengan cepat informasi baru yang kamu perlukan

2. Kamu butuh istirahat

 

Ilustrasi istirahat setelah berolahraga | Via: dunialari.com

Bekerja secara berlebihan ternyata tidak hanya dapat membuat tubuhmu menjadi cepat lelah dan menua. Menurut riset dari Florida State University, sejumlah atlet, pemusik serta pemain catur sekalipun, berlatih dalam jangka waktu selama 90 menit. Mereka biasanya mengambil istirahat pada sela-sela waktu di antara 90 menit tersebut.

Hal itu disebabkan karena bekerja terlalu keras justru tidak memberikan hasil yang bagus untuk tubuh kita. Tak hanya itu, kita juga pelru memikirkan secara matang batas bekerja dari tubuh kita.

 

1 dari 4 halaman

3. Bermimpi dapat membuat kita lebih kreatif

Menurut Daniel J. Levitin, Kepala Laboratry for Music, Cognition dan Expertise dari McGill University mengungkapkan pikiran kita jika diberikan waktu luang dapat mendorong ide-ide yang kreatif.

Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan kita menjadi menjauhkan diri dari bermimpi. Itu sebabnya, kamu perlu meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat dan cobalah untuk bermimpi. Siapa tahu mimpi itu bisa kamu realisasikan setelah kamu mendapatkannya.

4. Membuatmu menjadi lebih bahagia

 

Jomblo bahagia. (Ilustrasi: krochetkids-wpengine.netdna-ssl.com)

Siapa sih yang tidak sennag mendengar kata liburan? Rencana liburan yang menyenangkan bebas dari stres macet dan hal-hal lainnya ternyata berpengruh kepada kesehatan psikologis kita. Sebuah studi sempat menyebutkan partisipan yang pulang liburan menunjukan kebahagian yang meningkat selama dua minggu.

2 dari 4 halaman

5. Meningkatkan produktivitas

Setelah mendapat rehat sejenak dari liburan. Sejumlah penelitian internal dari Ernst & Youn sempat menyebutkan bahwa jam kerja para pegawai selama 10 jam dapat mengalami peningkatan selama delapan persen di tahun berikutnya.

6. Membuka pikiranmu

 

Cari tahu manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan pikiran di sini yuk! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Setelah pulang berlibur ke tempat baru ternyata dapat membantumu untuk mempelajari hal-hal baru. Selain itu, memahami pengalaman multikultural dapat meningkatkan kreativitas serta memicu ide-ide baru yang segar.

3 dari 4 halaman

7. Mencegah penyakit jantung

Liburan ternyata berdampak besar dapat menurunkan risiko penyakit serta serangan pada jantung. Untuk pria yang sering berlibur secara rutin mempunyai risiko 32 persen jarang mengalami serangan jantung. Sedangkan untuk wanita yang kerap berlibur, risiko itu bisa dijauhkan sebesar 50 persen. Hal ini dapat diprediksikan karena rasa stres merupakan salah satu pemicu dari serangan jantung.

Namun hal tersebut bisa berkurang, setelah kita menempuh liburan yang menyenangkan.

Artikel Selanjutnya
Puasa di Bulan Ramadan Jadi Momen Tepat untuk Diet Uang
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menikmati Liburan Keluarga Tanpa Repot