Sukses

Jurnalis Muda Diminta Lebih Peka pada Sekitarnya

Artikel yang ditulis haruslah dikemas sedemikian rupa dan tentunya informatif.

Liputan6.com, Semarang Program Citizen Journalist Academy di Semarang mengadakan kelas jurnalisme online dan kelas broadcasting. Kelas yang diisi oleh Azwar Anas, Ryan Wiedaryanto, dan Edhie Prayitno Ige ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu Online Jurnalism yang diisi oleh Azwar Anas selaku editor Regional Liputan6.com dan kelas broadcasting dengan pemateri Ryan Wiedaryanto.

Dalam kelas yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, Azwar menekankan bahwa jurnalis muda sekarang harus lebih peka terhadap sekitar. Artikel yang ditulis haruslah dikemas sedemikian rupa dan tentunya informatif.

“Sebisa mungkin tulisan itu dianggap sebagai anak. Harus memiliki nyawa dan juga harapannya dapat bermanfaat bagi pembaca,” kata lelaki asal Rembang, Jawa Tengah, ini. Sebagai jurnalis, Azwar berharap finalis CJA memiliki karakteristik tersendiri dalam menulis. Karakter itulah yang akan membedakan tulisan yang satu dan lainnya. Juga, hal itu akan membangkitkan nyawa karya tulis tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses menyunting berita

Selain itu, sebagai editor Azwar juga mengutarakan bagaimana sulitnya mengatur mood saat menyunting berita. Dari sekian ratus email berita yang masuk, ia harus mengelompokkan berita tersebut berdasarkan topiknya terlebih dahulu.“Misalnya saya sedang mengedit berita kriminal, setelah itu saya dihadapkan dengan berita prestasi mahasiswa. Saya tetap enggak akan bisa menyunting artikel prestasi ini dengan baik,” kata Azwar bercerita.

Biasanya untuk mengatur mood-nya kembali, Azwar akan mengambil waktu rehat sejenak. Ia akan ‘relaksasi’ sebentar, baik itu dengan salat, minum kopi, atau merokok. Setelah itu, ia akan siap kembali untuk menyunting tulisan yang berbeda.

Penulis :

Niken Nining

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.