Sukses

Ilmuwan: Yoga dan Meditasi Teratur Dapat Mengubah Gen Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Yoga dan meditasi ternyata dapat memiliki efek lebih dari yang Anda bayangkan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedua latihan tersebut dapat mengubah gen yang terkait dengan Depresi dan buruknya kesehatan seseorang.

Dalam makalah yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, para periset dari Inggris menganalisis temuan dari 18 penelitian yang telah diterbitkan sebelumnya terhadap 846 orang. Temuan tersebut meliputi efek biologis dari meditasi, yoga, latihan pernapasan, Qi Gong, dan Tai Chi.

Peneliti menunjukkan bahwa latihan yang melibatkan pikiran dan tubuh dapat menekan ekspresi gen yang menyebabkan peradangan. Hal ini bermanfaat terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh agar terlindungi dari infeksi dan cedera.

Periset menemukan bahwa orang-orang yang mempraktikkan aktivas tersebut memiliki lebih sedikit tanda-tanda peradangan, termasuk penurunan produksi protein inflamasi mereka. Hal ini menyebabkan penurunan risiko penyakit dan kondisi terkait peradangan.

"Meditasi sambil duduk sangat berbeda dari yoga atau Tai Chi. Namun semua aktivitas tersebut bila dipraktikkan secara teratur, dapat mengurangi aktivitas gen yang terlibat dalam peradangan," ujar Ivana Buric, mahasiswa PhD dari Laboratorium Otak, Kepercayaan, dan Perilaku di Universitas Coventry.

Melansir dari Time, Buric menekankan bahwa gen yang diwariskan tidaklah statis. Aktivitas DNA seseorang juga dapat bergantung pada hal-hal yang dikendalikan oleh seseorang.

"Dengan memilih kebiasaan sehat setiap hari, kita bisa menciptakan pola aktivitas gen yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Bahkan meski hanya berlatih meditasi 15 menit, efeknya besar," tutup Buric. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6