Sukses

Kisah Mbah Suparno, Sosok di Balik Pembangunan Masjid Istiqlal

Saksi bisu pembangunan Masjid Istiqlal, yang dirancang arsitek Frederich Silaban menuturkan kisahnya.

Citizen6, Jakarta Seragam putih berlengan pendek dan topi masih dikenakan dengan baik. Rambutnya yang putih tertutup topi. Guratan keriput pada wajahnya tidak bisa membohongi perjuangan hidup yang telah dialami. Dialah Suparno, lelaki berusia 88 tahun yang masih mengabdikan dirinya sebagai pegawai di Masjid Istiqlal Jakarta.

Bagi kamu yang bukan warga Jakarta, nama Suparno mungkin asing terdengar. Tapi kamu akan terhenyak setelah menyimak cerita masa lalu soal pembangunan Masjid Istiqlal, yang diprakarsai Presiden Soekarno. Tenyata ia termasuk saksi bisu pembangunan Masjid Istiqlal, yang dirancang arsitek Frederich Silaban.

Sebagai asisten Frederich, ia bertugas membuatkan minuman untuk sang arsitek. Sapaannya begitu ramah dan lembut kepada warga Jakarta maupun pengunjung yang datang ke Masjid Istiqlal. Ia menuturkan sosok Bung Karno, sang proklamator kerap hadir mengontrol pembangunan masjid.

Menurut pengakuannya, Bung Karno justru tak mau disebut presiden tatkala berhadapan dengan para pekerja proyek. Tanpa pengawalan dan hanya memakai becak, Bung Karno bertemu para pekerja Masjid Istiqlal.

Bagaimana kelanjutan cerita Suparno terhadap sosok Bung Karno dan pembangunan Masjid Istiqlal? Kamu bisa membaca cerita selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.