Sukses

Makin Banyak Orangtua Beri Nama Anak dari Pokemon Go

Penelitian terbaru menunjukkan makin banyak orangtua yang menggunakan nama Pokemon dari gim Pokemon Go sebagai nama anak.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia sudah tergila-gila dengan Pokemon Go, itu sudah pasti. Tapi tahukah kamu sejauh mana gim ini mempengaruhi banyak orang?

Babycenter Parenting and Pregnancy mengklaim terjadi lonjakan penggunaan nama Pokemon dari gim Pokemon Go sebagai nama anak oleh para orangtua. Situs ini meminta orang-orang yang terdaftar di situs mereka untuk menyebutkan nama atau rencana nama untuk bayi mereka, dan hasilnya sangat menarik.

Sebagai bukti, nama Eevee telah naik ke posisi 1.377 di daftar nama anak perempuan paling populer. Malahan, nama Onyx melonjak ke posisi 2.184 dalam daftar yang sama. Padahal dulu Onyx bukanlah nama yang lazim digunakan untuk nama anak.

Selain itu, nama Star (nomor 2.040 untuk anak perempuan) dan Ivy (nomor 1287 untuk anak laki-laki) mendadak populer belakangan ini. Diperkirakan hal tersebut terinspirasi dari Pokemon bernama Staryu/Starmie dan Ivysaur.

Tentu saja, Ash, nama karakter utama pelatih Pokemon menjadi nama yang paling pesat penggunaannya. Nama ini berada di nomor 248. Editor kepala Babycenter sendiri tidak terkejut dengan fenomena penggunaan nama Pokemon sebagai nama bayi.

"Kami melihat bayi dinamai sesuai karakter acara tv, selebritas, bahkan filter Instagram. Orangtua di zaman milenium kini lebih tertarik pada teknologi dan nostalgia tahun 90-an," ujar Linda Murray, editor kepala Babycenter, seperti dilansir dari Buzzfeed, Selasa (2/8/2016).

Ia melanjutkan, nostalgia serta ketertarikan terhadap teknologi itu pula yang menjadi alasan Pokemon Go memberi dampak pada tren nama bayi. Kalau memang demikian, tinggal menunggu waktu untuk bayi yang diberi nama Pikachu, bukan?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.