Sukses

Belut Mati Bergerak Kembali Saat Ditaburi Garam dan Dipanggang

Meski telah dikuliti dan dibakar di atas pemanggang, belut ini masih bisa bergerak dan menggeliat. Bagaimana mungkin?

Citizen6, Jakarta - Seorang pengguna Reddit bernama Sippingin menunjukkan belut yang telah dikuliti, bergerak kembali setelah ditaburi garam dan ditempatkan di atas pemanggang di sebuah restoran. Video tersebut diperkirakan diambil di Korea di mana belut biasa disajikan sebagai makanan utama.

Setelah melihat video tersebut, banyak netizen yang marah mengira belut itu dibakar hidup-hidup. Namun Sippingin meyakinkan kalau belut itu telah mati. Buktinya, ia telah dikuliti dan tulang lunaknya telah diambil.

Penjelasan ilmiahnya sama seperti katak mati yang bergerak saat bagian engsel kakinya ditetesi garam. Saat ditetesi garam, otot-otot ditubuh belut berkontraksi saat menerima sinyal dari neuron motorik. Sinyal-sinyal ini diproduksi dan disebarkan oleh ion yang berbeda seperti natrium.

Ion natrium dalam garam, natrium klorida, menyebabkan saraf terkejut dan membuat otot berkontraksi. Hal itu memang dapat terjadi pada tubuh hewan yang belum lama mati karena sel-selnya masih hidup.

Meski ada yang berkomentar kalau belut menggeliat sebagai refleks dari panasnya pemanggang, namun hal itu terdengar tidak masuk akal. Sebab, kepala belut telah dipotong sehingga seharusnya tidak merasa sakit.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.