Sukses

Usir Bosan, Musikus Ini Main Gitar Saat Operasi Otak

Musikus berusia 57 tahun memetik gitarnya untuk menghilangkan rasa bosan ketika menjalani sebuah operasi otak.

Citizen6, China Rasa takut dan cemas ketika ingin menjalani sebuah operasi pasti dirasakan setiap pasien. Namun, ada saja hal unik dan konyol yang dilakukan seorang pasien ketika berada di ruang operasi untuk menghilangkan rasa gugup dan takut.

Hal tersebut yang membuat Li Senin, musikus berusia 57 tahun, memetik gitarnya untuk menghilangkan rasa bosan ketika menjalani sebuah operasi otak selama lebih dari satu jam. Dilansir CCTV, Rabu (27/1/2016), pria yang berasal dari Changchun, Provinsi Jilin, China, ini memang telah mengalami dystonia, yakni penyakit otot langka selama 20 tahun.

dok: CCTV/Facebook

Seiring waktu, penyakitnya semakin parah. Jari-jarinya pun kaku hingga sulit mengerjakan tugas sehari-hari, termasuk bermain gitar. Namun, setelah melakukan pemeriksaan kembali, dokter di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, menemukan bahwa selain mengalami distonia fokal, Li juga mengalami perubahan patologis selama bertahun-tahun hingga mempengaruhi sirkuit otaknya.

dok: CCTV/Facebook

Li pun harus menjalani operasi Deep Brain Stimulation (DBS). Meskipun DBS bukan hal baru di dunia kedokteran, ini akan menjadi prosedur pertama kalinya yang dilakukan di China.

Ketika ingin melakukan operasi, dokter menyuruh Li berbaring sambil memegang gitarnya. Setelah menit-menit terakhir, ia pun diminta untuk memetik gitarnya dan menunjukkan sebuah akord yang keren.

"Bagaimana perasaan Anda memetik gitar setelah bertahun-tahun tak memainkannya?" tanya dokter. "Rasanya seperti sudah pulih lebih dari 80 persen," jawab Li dengan sukacita.

(Ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini