Sukses

Tempat Sembunyi dari Serangan Zombie ala Rick Grimes dkk

Bagi pecinta karakter fiktif zombie, atau mayat berjalan, serial TV The Walking Dead menjadi salah satu acara favorit di akhir minggu.

Citizen6, Jakarta Keberadaan zombie atau mayat berjalan pemakan manusia ini memang masih dalam perdebatan. Hanya saja bagi para peminat film zombie atau penggemar zombie, mereka sering kali memiliki fantasi liar jika benar suatu saat yang entah kapan dan di mana sebuah virus zombie muncul, menyebar dan meneror kehidupan damai manusia. Walaupun sebenarnya kehidupan manusia tidak pernah selalu damai-damai saja.

Bila diasumsikan sebuah virus zombie menyerang dan satu per satu manusia berubah menjadi makhluk menjijikkan yang berjalan lambat namun sulit dibinasakan tersebut, kira-kira dimanakah tempat teraman yang bisa kamu jadikan tempat persembunyian?

Berdasarkan observasi salah satu serial televisi bertemakan zombie paling populer dan kekinian, yaitu The Walking Dead, pengalaman Rick Grimes dkk bisa jadi memberikanmu inspirasi tempat bersembunyi. Apa sajakah?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tetap di rumah

1. Tidak usah ke mana-mana, tetap tinggal di rumah, apartemen, atau kos-kosanmu. Tapi ingat, bangun sebuah senjata perang ala Morgan.

tempat sembunyi dari serangan zombie di film The Walking Dead

Sayangnya, pilihan ini tidak akan membuatmu berpetualang. Frustrasi sendirian. Kesepian di tengah dunia yang penuh zombie.

2. Di tengah ladang luas.

tempat sembunyi dari serangan zombie di film The Walking Dead

Misalnya rumah Hersel yang dikelilingi peternakan kuda yang luas. Jauh dari kota; jauh dari zombie. Tapi ingat, pastikan gudang jeramimu tidak berisi puluhan zombie yang kau pelihara.

3 dari 5 halaman

Berbaur dengan zombie

3. Sembunyi di balik bayangan mantan ala Michonne.

tempat sembunyi dari serangan zombie di film The Walking Dead

*Pastikan mantanmu sudah menjadi zombie* Oke, ini bukan pilihan tempat. Tapi strategi melindungi diri dari zombie. Pelihara dua zombie di kanan kirimu. Dijamin sukses mengelabui zombie-zombie haus darah lainnya untuk mendeteksi keberadaanmu.

4 dari 5 halaman

Camp pengungsian hingga penjara

4. Datangi camp-camp evakuasi.

tempat sembunyi dari serangan zombie di film The Walking Dead

Seperti Terminus, atau camp milik Governor. Nanmun pastikan, pemilik camp evakuasi tersebut bukanlah kelompok Canibal atau seorang psikopat. Jika iya, segera kabur. Kabur dari zombie dan bertemu manusia kanibal itu sama saja.

5. Penjara

tempat sembunyi dari serangan zombie di film The Walking Dead

Kamu  bisa masukkan penjara sebagai salah satu pilihan terbaikmu. Tanah yang luas. Dikelilingi pagar-pagar. Ditambah, banyak ruangan untukmu tinggal. Like home sweet home versi suram. Namun tak ada yang sempurna, lambat laut pagar-pagar akan roboh. Atau sebuah aksi invansi kelompok lain yang ingin merebut tempatmu. Semuanya bisa terjadi saat virus zombie menguasai dunia. Setiap manusia yang hidup berusaha keras bertahan hidup, apa pun caranya.

5 dari 5 halaman

Just survive somehow

6. Pilihan terakhir, nomaden, terus berpindah-pindah mencari tempat teraman. Just Survive Somehow, seperti judul episode ke-2 The Walking dead di musim terbaru sekarang.

Selain semua pilihan di atas, sebuah penelitian yang cukup menggembirakan bagi para pecinta zombie beberapa bulan lalu tersiar mengenai tempat teraman yang dapat melindungi manusia dari serangan virus zombie. Dilansir dari laman washingtonpost.com seorang peneliti dari Cornell University, New York, Amerika Serikat, bernama Alex Alemi menemukan cara terbaik agar selamat dari skenario zombie apocalypse.

Penelitian itu dilakukan dengan menggunakan peta asli AS sebagai kalkulasi penduduk sebanyak 300 juta jiwa. Kemudian menerapkan sebuah metode untuk menggambarkan penyebaran wabah secara nyata.

“Pada intinya simulasi ini mirip dengan model reaksi kimia yang terjadi antarelemen, dan dalam hal ini kami membuat empat kondisi seseorang bisa  ditempatkan. Sebagai manusia, sebagai orang yang terinfeksi virus, sebagai zombie, dan sebagai zombie yang mati. Jumlah seluruh populasi dalam simulasi ini kira-kira 300 juta orang,” kata Alex Alemi, seperti dikutip Metro, Kamis (26/2/2015).

Hasil penelitiannya, Alemi menyimpulkan daerah pegunungan menjadi tempat teraman karena minimnya populasi. Temuan tersebut Alemi presentasikan pada pertemuan American Physical Society di San Antonio. Walaupun penelitian ini terdengar tak berguna, karena keberadaan virus zombie belum jelas keberadaannya, Alemi mengungkapkan bahwa model simulasi yang dibuatnya dalam kehidupan nyata sebetulnya dapat digunakan untuk penyakit menular lain.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.