Sukses

Lima Hal Ini Membuat Laut Indonesia Terancam

Kaya akan ikan yang beragam, terumbu karang, rumput laut dan lainnya merupakan suatu anugerah yang dapat kita banggakan dan syukuri.

Citizen6 Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan 17.504 pulau dan 95.181 kilometer persegi garis pantai. 80% penduduk Indonesia hidup di kawasan pesisir dan bergantung pada ekosistem laut. Kaya akan ikan yang beragam, terumbu karang, rumput laut dan lainnya merupakan suatu anugerah yang dapat kita banggakan dan syukuri.

Laut merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun pemerintah telah berinisiatif dalam berbagai upaya konservasi, masih terdapat berbagai ancaman yang dapat mengganggu ekosistem laut kita. Sebagai penduduk Indonesia, kita jangan hanya tergantung pada pemerintah, sebisa mungkin kita harus menjaga dan melestarikan laut yang kita punya. Untuk menjaga dan melestarikannya, kita perlu tahu ancaman apa saja yang dapat membahayakan sistem laut kita, berikut ulasan faktanya.

Buruknya kondisi terumbu karang Indonesia

Keberadaan terumbu karang memberikan ketersediaan makanan bagi beragam jenis mahluk laut. Selain itu terumbu karang juga dapat membantu mengurangi abrasi dan kerusakan pantai. Namun menurut data LIPI 2012, hanya 5,3% terumbu karang Indonesia yang tergolong sangat baik. Sisanya 27,18% berada dalam kondisi baik, 37,25% dalam kondisi cukup, dan 30,45% berada dalam kondisi buruk. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul)

Pengirim:

Prabowo Ramadan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

****Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini