Sukses

Yudi Karyono, Naik Egrang dari Jogja ke Jakarta untuk Misi Mulia

Bapak yang satu ini sengaja naik egrang dari Yogyakarta ke Jakarta dengan tujuan tertentu. Apa tujuannya?

Citizen6, Jakarta Panas terik tak ia pedulikan. Peluh bercucuran hanya ia seka sesekali. Di atas egrang, sorot matanya fokus ke arah depan. Menuju Jakarta, demikian yang ada di dalam benaknya.

Yudi Karyono, bapak berusia 52 tahun ini sejatinya warga Panembahan Keraton, Yogyakarta. Ia dengan sengaja menaiki egrang, dari Yogyakarta menuju Jakarta, untuk bertemu presiden.

Idenya bukan ide gila belaka. Ia prihatin dengan anak-anak zaman sekarang yang sudah terlalu asyik dengan permainan modern. Baik di komputer, ponsel, maupun yang dihubungkan dengan televisi. Anak-anak tak lagi memainkan mainan tradisional, demikian pikirnya.

Melihat kondisi tersebut, Yudi ingin kembali memperkenalkan permainan tradisional. Menaiki egrang dari Yogyakarta ke Jakarta, ia berharap banyak anak-anak yang melihatnya dan kembali mau bermain permainan tradisional.

Yudi menaiki egrang

Di Jakarta sendiri, ia berniat bertemu dengan Presiden Jokowi. Niatnya masih sama, mengadu pada presiden betapa permainan tradisional mulai ditinggalkan.

Egrang setinggi hampir empat meter dibuatnya di tukang las. Bagian bawah egrang sengaja diberi bantalan dari karet ban bekas agar tak cepat aus. Bagian kaki diberi sandal busa agar ia nyaman saat berada di atas egrang.

Dalam sehari, biasanya ia menempuh jarak sejauh 20 kilometer. Ia mengaku tak punya target waktu. Yang penting sampai di Jakarta dan tujuannya bertemu presiden kesampaian. (sul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini