Sukses

7 Bahan Makanan Alami Pereda Sakit Kepala

Jangan bergantung pada obat kimia saat sakit kepala melanda. Coba bahan makanan alami berikut ini

Citizen6, Jakarta Sakit kepala dapat timbul kapan saja dan di mana saja. Baik itu sakit kepala berat, maupun hanya sekadar migrain, tetap saja sakit kepala dapat mengganggu aktivitas Anda. Sebaiknya Anda tak terlalu bergantung pada obat-obatan kimia untuk mengobati sakit kepala. Berikut 7 bahan makanan alami pereda sakit kepala.

1.Ikan

Ikan yang berlemak seperti tuna, salmon, dan makarel, sangat bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala karena kaya akan asam lemak esensial omega-3. Asam lemak ini dapat menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya mmigrain. Jika tidak bisa mengonsumsi ikan ini setiap hari, Anda dapat menggantinya dengan suplemen minyak ikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2.Biji Wijen

Biji wijen kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen dan mencegah migrain selama periode tersebut. Selain itu, magnesium yang dikandung juga dapat membantu mencegah sakit kepala.

3. Semangka

Dehidrasi sebenarnya juga dapat menimbulkan sakit kepala. Karenanya, Anda perlu meminum banyak air dan mengasup makanan yang kaya akan air seperti semangka. Semangka juga mengandung magnesium sama seperti biji wijen.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Pisang

Tak hanya akan magnesium, pisang juga mengandung potasium. Magnesium dalam pisang dapat meringankan migrain dan sakit kepala akibat stres. Penelitian menunjukkan sekitar separuh dari penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah hanya dalam jumlah yang sedikit.

5. Kentang

Sakit kepala juga dapat muncul karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Oleh karenanya ada baiknya Anda mengonsumsi kentang yang akan kalium. Kandungan kalium dalam kentang yakni 100 gram.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Kopi

Kafein dalam kopi dapat bermanfaat sekaligus berbahaya bagi penderita sakit kepala. Jika sakit kepala, Anda dapat mengonsumsi kopi dalam jumlah sedikit. Bila berlebihan, sakit kepala justru makin kambuh. Sebaiknya tak lebih dari 3 cangkir per hari.

7. Biji-bijian Sereal

Jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, Anda akan mulai menguras sumber utama energi untuk otak, yakni cadangan glikogen. Selain itu juga menjadikan tubuh kehilangan cairan dengan cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi bersamaan dengan berkurangnya energi ke otak bisa memicu timbulnya sakit kepala.

Jika anda mengkonsumsi makanan-makanan karbo yang sehat seperti (biji-bijian seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal, dan buah), tidak hanya bisa mengusir rasa sakit pada kepala tetapi juga meningkatkan mood Anda.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini