Sukses

Deretan Hoaks Pemberian Bantuan Catut Nama Tokoh Terkenal, dari Pejabat hingga Selebriti

Hoaks pemberian bantuan mencatut nama tokoh tertentu kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks pemberian bantuan mencatut nama tokoh tertentu kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks pemberian bantuan yang mencatut nama tokoh terkenal? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Prabowo Subianto Berikan Bantuan pada Orang yang Kesulitan dengan Daftar Lewat WhatsApp

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto membagikan bantuan uang cash dengan daftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 April 2024.

Di dalam unggahannya terdapat foto Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"Yang lagi kesulitan sini bapak bantu harus jujur buat apa, no tipu-tipu. Whatsapp 08821854798xx. Asalkan jujur butuh bantuan untuk apa pasti bapak kirim chassh.."

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 1,4 juta kali mendapat 10, ribu likes dan 9,4 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto membagikan bantuan uang cash dengan daftar melalui Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Jusuf Hamka Bagikan Uang untuk Membangun Rumah Melalui Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Jusuf Hamka membagikan uang untuk membangun rumah melalui Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Jusuf Hamka mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Juni 2024.

Berikut isi postingannya:

"Selamat'

Uang telah datang untuk membangun rumah untuk Anda 🏠🏡 KLAIM.

Ikuti langkah dibawah ini untuk menang:

1. Ikuti halaman saya ✅

2. Bergabung kedalam grup ✅

3. Bagikan sebanyak 10 kali ✅

4. Daftar dan ambil hadiah kamu DISINI!!"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 355 ribu kali, mendapatkan 1,3 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 85 kali.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Jusuf Hamka membagikan uang untuk membangun rumah melalui Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Bantuan Uang Membangun Rumah dari Ashanty dengan Cara Kirim Nomor Rekening di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada bantuan uang membangun rumah dari Ashanty dengan mengirim nomor rekening di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Juli 2024.

Berikut isi postingannya:

"KABAR BAIK

Uang akan datang untuk membangun rumah untuk Anda 🏠🏡 kirim no rekening melalui inbox pesan. 💐✨🙏 Semoga bermanfaat untuk sodara2 saya semua"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 319,8 ribu kali mendapat 7,7 ribu likes dan 2,5 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada bantuan uang membangun rumah dari Ashanty dengan mengirim nomor rekening di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini