Sukses

Hoaks Foto Tokoh Sedang Baca Buku Tertentu, dari Ronaldo hingga Presiden Jokowi

Hoaks foto seputar tokoh yang sedang membaca buku tertentu banyak beredar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks foto seputar tokoh yang sedang membaca buku tertentu banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Anies Baswedan Memegang Buku "Rumus Agar Awet Bodoh"

Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan sedang memegang buku "Rumus Agar Awet Tolol". Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan di depan rak dengan memegang buku berjudul "Rumus Agar Awet Tolol".

Akun itu menambahkan narasi "Hhhhahaaaa"

Lalu benarkah postingan foto Anies Baswedan sedang memegang buku "Rumus Agar Awet Tolol"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Membaca Buku "SBY Mangkrak"

Beredar di media sosial foto Jokowi sedang membaca sebuah buku berjudul "SBY Mangkrak". Foto tersebut dibagikan pada awal bulan Agustus ini.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak duduk di sebuah ruangan sambil membaca buku berwarna putih. Buku tersebut berjudul "SBY SELALU MANGKRAK". Jokowi tampak mngkerutkan dahi saat membaca buku tersebut.

Unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook Zack Zuckerberg pada 5 Agustus 2021 ini mendapatkan 26 komentar dan disukai 72 warganet.

Benarkah foto unggahan tersebut adalah Jokowi sedang membaca buku dengan judul “SBY Mangkrak”? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Cristiano Ronaldo dengan Buku Iqro

Beredar di media sosial foto Cristiano Ronaldo yang sedang pamer buku Iqro. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah bernama Ahe Lapangan. Ia mengunggah foto tersebut pada 14 November 2020.

Dalam postingannya nampak Cristiano Ronaldo sedang duduk di sebuah pesawat. Ia memamerkan buku Iqro yang dipegangnya. Selain itu akun tersebut menambahkan narasi:

"Keunggulan di Ahe pertigaan Ahe Lapangan Asri Bumiayu adalah adanya jam tambahan yakni belajar iqro , kenapa iqro ? Karena belajar Qur' an itu hukumnya wajib. Jadi belajar Iqro dulu ,jangan ceramah dulu"

Lalu benarkah Cristiano Ronaldo pernah berfoto dengan buku Iqro? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.