Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Cristiano Ronaldo dengan Buku Iqro

Beredar di media sosial foto Cristiano Ronaldo yang sedang pamer buku Iqro. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial foto Cristiano Ronaldo yang sedang pamer buku Iqro. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah bernama Ahe Lapangan. Ia mengunggah foto tersebut pada 14 November 2020.

Dalam postingannya nampak Cristiano Ronaldo sedang duduk di sebuah pesawat. Ia memamerkan buku Iqro yang dipegangnya. Selain itu akun tersebut menambahkan narasi:

"Keunggulan di Ahe pertigaan Ahe Lapangan Asri Bumiayu adalah adanya jam tambahan yakni belajar iqro , kenapa iqro ? Karena belajar Qur' an itu hukumnya wajib. Jadi belajar Iqro dulu ,jangan ceramah dulu"

Lalu benarkah Cristiano Ronaldo pernah berfoto dengan buku Iqro?

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun resmi Cristiano Ronaldo di Twitter dan Instagram yang sudah terverifikasi, @Cristiano. Di sana terdapat postingan foto serupa yang diunggah pada 26 September 2020.

Dalam postingan tersebut Ronaldo bukan membawa buku Iqro. Melainkan ia membawa buku berjudul 'O Poder Da Comunicacao'.

Ia juga menambahkan narasi:

"Reading time! Living and learning!"

atau dalam Bahasa Indonesia,

"Waktunya membaca! Hidup dan belajar!"

Buku O Poder Da Comunicacao sendiri merupakan karangan Dr Lair Ribeiro. Buku ini menjelaskan rahasia berkomunikasi dengan baik.

Link buku tersebut bisa dilihat di sini...

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto Cristiano Ronaldo sedang membawa buku Iqro adalah hoaks karena itu merupakan hasil foto suntingan. Faktanya Ronaldo sedang membawa buku O Poder Da Comunicacao.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.