Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Kegelapan Gerhana Matahari sampai Penipuan Undian

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menunjukkan sejumlah hoaks yang mengaitkan dengan beragam isu beredar di media sosial

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks yang beredar di media sosial. Hasil penelusuran menunjukan sejumlah informasi bohong tersebut mengaitkan dengan beragam isu.

Agar tidak terpengaruh hoaks yang beredar dalam sepekan, simak dalam daftar berikut ini.

1. Terjadi Gelap 3 Hari Akibat Gerhana Matahari 8 April 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim terjadi gelap 3 hari akibat gerhana matahari 8 April 2024. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 April 2024.

Unggahan klaim terjadi gelap 3 hari akibat gerhana matahari 8 April 2024 berupa tulisan sebagai berikut.

"Gerhana matahari terjadi tanggal 8 April 2024 😥😥Klo gerhana bulan mending Terjadi malem kan bulannya ditutup Nah ini besok yang terjadi gerhana matahariMatahari nya yang akan ditutup....

Akankah terjadi gelap selama 3 hari

Ini bukan fenomena

Ini sinyal adzab

Marilah kita perbanyak ibadah kepada Allah"

Benarkah klaim terjadi gelap 3 hari akibat gerhana matahari 8 April 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

2. Dosen UIN Antasari Imbau Tak Beli Kurma dari Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Dosen UIN Antasari imbau tak beli kurma dari Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Maret 2024.

Klaim Dosen UIN Antasari imbau tak beli kurma dari Israel berupa tulisan sebagai berikut.

"âš  Jangan DibeliMERK KURMA INI

Dr. Anang Saifuddin, MA Dosen UIN Antasarih Bjm

Inilah Daftar Merk Kurma Import Asal Israel, Negara Ini Membunuh Kaum Muslimin :

Sehubungan Dengan Persiapan Untuk Romadhon, Harap Di Perhatikan Dengan Seksama Agar JANGAN BELI KURMA Dari Israeli, Yang Di Jual Dengan Nama-Nama Merk Sbb:

1.Bomaja

2.Carmel Agrexco

3.Delilah

4.Desert Diamond

5.Hadiklaim

6.Jordan Plains

7.Jordan River

8.King Solomon

9.Paradise Dates

10.Rapunzel

11.Red Sea

12.Royal Treasure

13.Shams

14.Tamara

BANTU SEBARKAN...

Syukron"

Benarkah klaim Dosen UIN Antasari imbau tak beli kurma dari Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3. Foto Ini Miring Akibat Gempa Taiwan pada 3 April 2024

 

<p>Foto gedung miring yang diklaim akibat gempa di Taiwan pada 3 April 2024. (Sumber: Facebook)</p>

Sebuah foto gedung miring yang diklaim akibat gempa di Taiwan pada 3 April 2024 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 3 April 2024.

Dalam foto tersebut terlihat gedung bertingkat. Namun, posisinya tampak miring dan diklaim akibat gempa yang mengguncang Taiwan pada 3 April 2024.

"BREAKING: Scary Visuals Coming From Taiwan Where A 7,5 Scale Earthquake Hit Today," demikian narasi dalam foto tersebut.

"Taiwan was hit by the strongest earthquake in 25 years 😳💔," tulis salah satu akun Instagram.

Sebelumnya, gempa mengguncang Taiwan pada Rabu 3 April 2024. Gempa tersebut menimbulkan korban tewas dan luka serta tsunami di Jepang. Filipina sempat mengeluarkan peringatan tsunami, namun kemudian mencabutnya.

Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan mengatakan satu orang diduga tewas tertimpa batu di wilayah pegunungan Hualien, tempat pusat gempa berada. Sementara itu, lebih dari 50 orang terluka. Demikian seperti dilansir Reuters.

"Setidaknya 26 bangunan runtuh, lebih dari setengahnya berada di Hualien, dengan sekitar 20 orang terjebak dan upaya penyelamatan masih berlangsung," sebut Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan.

Benarkah gedung dalam foto itu miring akibat gempa yang mengguncang Taiwan pada 3 April 2024? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Video Pendaratan Tentara China di Bandara Manado

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pendaratan tentara China di Bandara Sam Ratulangi Manado, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 April 2024.

Unggahan klaim video pendaratan tentara China di Bandara Sam Ratulangi Manado menampilkan, sejumlah orang mengenakan seragam hijau, helm dan menggunakan ransel sedang berbaris dan berjalan dengan latar belakang pesawat yang bertuliskan "LION".

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Tentara China sudah terang2an memakai Seragam Militer mendari di Bandara Sam Ratulangi - Manado.

APA MAKSUDNYA INI!!!

Mohon diviralkan dan ayo rapatkan barisan bersatulah Indonesia ku".

Benarkah klaim video pendaratan tentara China di Bandara Manado? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

5. Mendeteksi Stroke dengan Menempelkan Jari Telunjuk dan Kelingking

Klaim tentang mendeteksi stroke dengan menempelkan jari telunjuk dan kelingking beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 3 April 2024 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah video yang diklaim sebagai cara mendeteksi stroke. Dalam video dijelaskan bahwa cara mendeteksi stroke hanya dengan menempelkan jari telunjuk dan kelingking.

"Kalau kalian berhasil menempelkan kelingking ke telunjuk Berarti kalian jauh dari penyakit asam urat dan stroke," demikian narasi dalam video tersebut.

"Yuk di coba ges," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 301 kali dibagikan dan mendapat 2.200 komentar dari warganet.

Benarkah cara mendeteksi stroke hanya dengan menempelkan jari telunjuk dan kelingking? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

6. Pendaftaran Gebyar Undian Bank Mandiri dalam Rangka Menyambut Idul Fitri

Beredar di media sosial postingan pendaftaran gebyar undian dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri dari Bank Mandiri. Postingan itu beredar sejak akhir pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 April 2024.

Berikut isi postingannya:

"GEBYAR GEMILANG GREND PRIZE BERHADIAHDari, PT BANK MANDIRI,"KHUSUSNYA":Kepada Nasabah Yang Telah Terdaftar M-Banking,(Livin By Mandiri) I-Banking,(Mandiri Internet),Kini Hadir Untuk Menyambut dan Memeriahkan, Menyambut Hari Raya IDUL FITRIAyo Segera..! Lakukan Pendaftaran Sekarang Juga, Agar Berkesempatan Untuk Meraih dan Mendapatkan Aneka Hadiah yang Fantastis,dan Menarik: Dengan Hadiah Utama yaitu Berupa..?*-5 : Paket<Umroh Gratis>*-7 : Paket<Wisata Japan>*-2 : Unit Mobil<Toyota Fortuner>*-5 : Unit Mobil<Toyota Innova>*-3 : Unit Mobil<Mitsubishi XPander>*-7 : Unit Sepeda Gunung*-10 : Unit Penghisap Debu*-10 : Unit Televisi Prolytron*-10 : Unit Ac Prolytron*-5: Unit Lemari Es*-5: Unit Mesin CuciMasih Banyak Lagi Hadiah-Hadiah Dan Kesempatan Lainnya yang Bisa Didapatkan... Info Lebih Lanjut Tentang Pendaftaran (Program Gebyar Grend Prize Bank Mandiri Ini..?) Silakan Klik Menu (Daftar) Yang Telah Kami Sediakan"

Lalu benarkah postingan pendaftaran gebyar undian dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri dari Bank Mandiri? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.......

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.